5 Model Plafond Minimalis Desain Elegan Yang Bisa Kamu Tiru

Bumi Sedayu > Artikel > 5 Model Plafond Minimalis Desain Elegan Yang Bisa Kamu Tiru
image : pinterest

Sering dianggap remeh, tapi plafond rumah sebenarnya memiliki peran penting lho. Peranan plafond rumah adalah untuk menciptakan suasana dalam sebuah ruangan. Selain itu, plafond bisa membuat langit-langit menjadi kokoh dan tahan bocor ketika musim penghujan tiba. Maka tak heran kalau belakangan ini banyak sekali model plafond yang bermacam bentuk.

Nah, berikut kami rangkum 5 model plafond yang sering digunakan untuk rumah minimalis.

1. Plafon rumah semi ekspos


image : pinterest

Model plafond seperti terinspirasi dari langit-langit rumah ekspos yang memperlihatkan kerangka atap sebuah rumah. Kamu tidak perlu membuat terbuka hingga kerangka atap terlihat, cukup tambahkan beberapa balok dengan jarak tertentu pada bagian plafon. Model plafond seperti ini sudah cukup menyita perhatian, karenanya gunakan saja warna soft seperti krem atau putih. Jangan pula mengkombinasikan 2 warna sebab model plafond yang satu ini cocok untuk ruangan bergaya minimalis atau vintage.

2. Plafon rumah dengan material kayu


image : pinterest

Dari segi manapun material berbahan kayu tidak pernah mengecewakan. Salasatunya cocok untuk dijadikan model plafond. Cukup dengan pola yang sederhana, papan kayu disusun berjajar, bahkan sekilas tampak seperti lantai kayu yang dipindah ke bagian atas. Padukan dengan plafon dari gipsum berwarna putih di kedua sisinya. Model plafon rumah seperti ini cukup kokoh dan mampu menciptakan suasana yang hangat di dalam ruangan.

3. Plafon rumah modern yang dipenuhi kubus


image : pinterest

Model plafon rumah yang satu ini desainnya anti-mainstream banget. Jika dilihat sekilas, model plafon rumah ini seperti kumpulan dari puluhan kubus. Ukurannya sengaja dibuat tidak seragam untuk kesan yang lebih dinamis. Jika diperhatikan, pemilihan warna abu-abu untuk model plafon rumah menciptakan suasana yang sejuk dan minimalis.

4. Plafon rumah yang melengkung

Masih banyak anggapan kalau model plafond harus berbentuk rata. Padahal kalau mau dibuat melengkung pun juga bisa. Misalnya saja seperti model plafon rumah yang satu ini. Bentuknya melengkung seperti bagian dalam kubah. Plafon seperti ini akan lebih baik jika dibuat menggunakan beton atau semen supaya lebih kokoh dan anti bocor.

Untuk aksen dekorasi, tambahkan lengkungan yang permukaannya dihias menggunakan batu alam. Warnanya, sesuaikan saja dengan warna dominasi interior. Model plafon rumah yang satu ini cocok untuk diterapkan pada rumah bergaya tradisional, rustic, atau Mediterania.

5. Plafon rumah dengan penerangan indirect


image : pinterest

Rumah bergaya modern atau minimalis biasanya menggunakan penerangan indirect alias penerangan yang sumber cahayanya disembunyikan di balik plafon atau dinding. Penerangan indirect ini membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Untuk menyembunyikan lampu, kamu bisa membuat pola bulat pada model plafon rumah.

Penerangan juga dibuat menggunakan pola garis-garis seperti ini dengan kombinasi dua warna berbeda yakni putih dan biru. Selain menyembunyikan lampu, model plafon rumah ini bisa menambah nilai estetika ruangan. Kalau kamu sedang merasa bosan atau mencari ide, coba deh duduk santai di sofa sambil menatap plafon.

Itulah tadi 5 model plafond yang bisa menambah referensi kamu untuk rumah minimalis mu. Material plafond sendiri yang sering digunakan adalah gypsum, beton, dan kayu. Tantangan selanjutnya adalah kamu musti menyesuaikan kebutuhan dan tak lupa dan yang paling penting, anggaran.

Mau rumah minimalis di Jogja? Klik disini.

Sumber                                                : Dekoruma

Tags                                        : plafond , minimalis , dekorasi , desain interior , interior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *