5 Tips Menghemat Listrik di Rumah – Lebih Efisien

Bumi Sedayu > Artikel > 5 Tips Menghemat Listrik di Rumah – Lebih Efisien

Ketika pulang ke rumah setelah seharian capek kerja, kemudian mendapati tagihan listrik bulanan lebih besar dari bulan sebelumnya, atau suara meteran udah nat-nit, rasanya pengen balik ke kantor lagi aja. Tidur di kantor, besoknya nggak perlu takut telat masuk kerja.

Pembegkakan tagihan listrik biasanya mempunyai 2 alasan. Pertama, kenaikan tagihan dikarenakan biaya tarif dasar listrik (TDL) sudah tinggi dari pihak terkaitnya. Kedua, karena pemakaian harian kamu yang meningkat. Kena salahsatunya aja bikin bingung, apalagi kalo dua-duanya ya?

Lalu bagaimana cara untuk menekan tagihan listrik agar tidak terlalu mencekik? Gampang banget. Tapi yang perlu diketahui adalah, selain untuk menghemat pengeluaran kamu, menghemat listrik juga bisa membantu berkontribusi untuk melindungi iklim yang semakin berubah pesat ini. Kenapa? Emisi yang dikeluarkan dari listrik yang berupa CO2 ini tergolong sangat besar, dan salah satu negara penyumbang CO2 terbesar adalah Indonesia. Nah, sudah saatnya kan untuk menyayangi Negara kita sendiri?

Simak yuk tips menghemat listrik yang lebih efisien berikut ini.

1. Mencuci dan membilas secara tepat

image : pinterest

Mesin cuci dan mesin pencuci piring (diswasher) adalah salah satu piranti elektronik yang memakan listrik dalam kapasitas besar di rumah kamu. Ada baiknya dua mesin ini digunakan hanya bila benar-benar diperlukan, yaitu ketika keduanya penuh dengan pakaian kotor dan piring kotor. Perlu diinagt juga kalo penggunaan pengering pakaian juga sebisa mungkin dibatasi. Kamu bisa mengeringkan pakaian kamu di bawah sinar matahari. Hemat.

2. Pastikan perangkat elektronik dan listrik dimatikan

Salah satu cara termudah tapi penting yang bisa dilakukan untuk menghemat energi adalah memencet tombol ‘off’ pada semua perangkat elektronik, mulai dari monitor PC sampai televisi dan dari saklar lampu sampai mesin cuci. Mode standby yang sering kita gunakan ternyata memakan banyak tenaga listrik, juga biaya. Sebenarnya, sekedar mematikan perangkat elektronik saja tidak cukup. Putuskan hubungan antara perangkat elektronik dan listrik dengan menekan tombol ‘off’ pada stopkontak strip utama. Kita dapat menghemat pemakaian listrik dengan satu langkah mudah dan mengurangi emisi CO2 sampai dengan 220 kg per tahun. Charger (pengisi daya) ponsel, alat cukur dan baterai yang dapat diisi daya harus diputuskan dari stop kontak sesering mungkin.

3. Meredupkan lampu

Lampu sering kali juga menjadi penyebab kenaikan pemakian listrik. Memanfaatkan sinar matahari sebisa mungkin dan membatasi pemakaian sumber cahaya buatan bisa menjadi solusi praktis. Rekomendasi lain adalah penggunaan lampu LED. Meski harganya yang lebih mahal, LED diyakini mampu menghemat 85% energy dari jenis lampu yang lain.

4. Memperbaiki ventilasi

Di negara tropis yang terkenal panas waktu musim kemarau, penggunaan pendingin udara (AC) menjadi solusi. Padahal untuk menghidupkan AC memerlukan energy yang besar. Solusi lain daripada menyalakan AC secara berlebihan adalah dengan memperbaiki ventilasi. Lubang ventilasi yang berada di dekat bubungan atap cukup membantu mengatasi hawa panas di dalam rumah. Jendela dan pintu sebaiknya dibuka saat pagi dan sore hari. Hindari membuka pintu dan jendela di siang hari yang terik, karena hal ini justru mengundang hawa panas dari luar masuk ke dalam rumah.

5. Gunakan Perangkat elektronik hemat energi

Coba perhatikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah kita. Dari kulkas sampai mesin cuci, dan dari kompor listrik sampai televisi. Perangkat elektronik memang diciptakan untuk memudahkan hidup kita.

Secara umum, siapapun yang menggunakan perangkat hemat energi dan hemat air dapat menekan pengeluaran hingga 50%. Tidak ada ruginya membeli perangkat elektronik mahal tapi awet, karena kita dapat menghemat biaya untuk membeli perangkat yang sama di masa mendatang. Sangat disarankan agar kamu selalu memperhatikan spesifikasi efisiensi energi saat membeli perangkat elektronik. Pilihlah perangkat elektronik dengan spesifikasi A+ sampai A+++.

Seperti pepatah yang mengatakan mulailah dari yang kecil dahulu, maka bisa saja kita ganti mulailah dari rumah dulu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Mau rumah adem dengan desain modern minimalis di Jogja? Klik disini.

#inspiration #home #awesome #saveenergy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *