3 CARA USIR LEBAH DIRUMAH

Bumi Sedayu > Artikel > 3 CARA USIR LEBAH DIRUMAH

Bagi sebagian orang, melihat lebah yang bersarang di dekat, atau bahkan di salah satu bagian rumah. Pasti hunian akan menjadi tempat paling menyeramkan buat mereka. Ada saja pikiran kalau-kalau akan disengat oleh lebah itu.

Untuk mengusir lebah dan sarangnya dari lingkungan rumah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Beberapa hal yang dimaksud antara lain:

1. Pindahkan sarangnya

Sarang lebah lebih sering bergelantungan di pohon, termasuk pohon yang ditanam di sekitar rumah. Bila Anda khawatir dan takut disengat atau merasa terganggu, Anda bisa memindahkan sarangnya.

Caranya, potong kayu atau batang pohon yang menjadi tempat bergantung sarang hewan ini. Gergaji dengan hati-hati, lalu masukkan ke dalam karung. Setelah itu, jauhkan dari rumah Anda.

Saat memotong, jangan lupa menggunakan pelindung tubuh. Ini untuk berjaga-jaga apabila lebah merasa terancam dan menyerang Anda. Lakukan hal ini saat populasi mereka belum meningkat.

2. Buat perangkap lebah

Cara kedua bisa menggunakan perangkap untuk lebah. Biasanya terbuat dari kawat yang dibentuk menjadi kerucut, atau gunakan kawat kasa dan bentuklah seperti kerucut. Lalu, buang bagian puncak kerucut dengan diameter kecil. Kemudian, tempelkan bagian permukaan kerucut dengan ukuran lebih besar ke pintu masuk sarang lebah. Cara ini akan membuat lebah dapat keluar, namun tidak bisa kembali ke sarang. Dengan ini, lebah akan meninggalkan sarang. Perlu dicatat bahwa cara ini membutuhkan waktu sekitar 2 bulan

3. Sabun dan air

Pestisida adalah bahan paling sering digunakan untuk mengusir serangga dengan cepat. Namun, bahan ini cukup mengkhawatirkan karena berdampak pada kesehatan penghuni rumah. Untuk itu, coba alternatif lain seperti larutan air dan sabun.

Larutan sabun cair dan air dengan perbandingan 1:4 ini akan membuat permukaan lilin pelindung sarang mudah terlepas, sekaligus membunuh lebah tersebut. Cara menggunakannya, cukup semprotkan larutan ke sarang mereka. Tapi, jangan lupa untuk tetap menggunakan pelindung badan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *