4 Tips Mendesain Ruang Makan Mungil Anda

Bumi Sedayu > Artikel > 4 Tips Mendesain Ruang Makan Mungil Anda

Ruang makan sangat penting keberadaannya di dalam rumah. Selain ruang keluarga, ruang makan merupakan ruang yang bisa menyatukan keluarga. Dari makan, ngobrol, sampai menghabiskan watu dengan main mahjong mungkin.

Masalah akan muncul ketika rumah yang kita tempati merupakan rumah minimalis yang dimana jarak ruang antara satu dengan yang lain cukup sempit. Bahkan dibeberapa kasus, banyak keluarga yang meniadakan ruang makan dan menyulap ruang keluarga juga menjadi ruang makan.

Sebenarnya kita masih bisa berkreasi lho walaupun dengan keadaan rumah yang minimalis tersebut. Berikut tips mendesain ruang makan mungil.

 

  1. Tentukan ruang

Langkah pertama untuk menciptakan sebuah ruang yaitu dengan menentukannya. Jika ruang makan Anda adalah bagian dari sebuah ruang lain, seperti dapur, maka perlu diperjelas tujuan ruangan tersebut. Salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan menambah lampu gantung. Cara lainnya yaitu dengan menambah karpet pada bagian bawah meja makan. Dengan menambah salah satu atau kedua sentuhan ini, maka Anda sudah mendefinisikan ruang makan tersebut.

 

  1. Berkreasilah dengan tempat duduk

Terkadang, ketika memiliki sebuah ruangan kecil, Anda tidak memiliki kemewahan untuk menata ruangan tersebut layaknya tata letak tradisional. Sementara, sebuah ruang makan formal, biasanya terdiri atas meja panjang berukuran besar dengan kursi yang berjajar di kedua sisinya. Sebenarnya, Anda memiliki kebebasan berkreasi dengan tempat duduk untuk mengatur ruang makan. Cobalah berpikir sesuatu yang tidak biasa. Apakah ruang makan Anda berada di sebuah sudut dengan kursi berbentuk bulat? Bisakah Anda memanfaatkan meja yang ada sebagai meja makan? Ataukah Anda bisa memanfaatkan tempat penyimpanan multifungsi sebagai pengganti meja?

 

  1. Pilihlah furnitur ringan

Dalam desain interior, penting untuk mempertimbangkan aspek proporsi atau hubungan antara semua dalam ruang. Meski mungkin terdengar tidak jelas, itu artinyan Anda harus berusaha mencari objek yang ukurannya sesuai untuk ruangan tersebut. Dalam ruang kecil, Anda ignin mempertimbangkan furnitur ringan, yang berarti tidak terlalu berat secara visual. Secara umum, ini berarti memilih furnitur yang memiliki kaki.

 

  1. Buatlah nyaman

Pada akhirnya, ruang makan adalah sebuah ruang yang intim. Ruang itu dimaksudkan agar orang-orang yang duduk dapat menikmati makanan enak sambil duduk berjam-jam dan berbincang-bincang. Ruangan yang mungil sebenarnya dapat menambah keintiman. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mewujudkannya. Karena itu untuk memaksimalkan ruang makan yang mungil, maka kuncinya adalah membuatnya senyaman mungkin.

 

 

Tags       : rumah minimalis , dapur , modern , kitchen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *