5 Cara Mengurang Polusi, Bahkan Bisa Dari Rumah lho

Bumi Sedayu > Artikel > 5 Cara Mengurang Polusi, Bahkan Bisa Dari Rumah lho

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan polusi di kota, terutama polusi udara. Saat ini kualitas udara di banyak kota besar di dunia belum memenuhi standar kesehatan dunia, termasuk kota-kota di Indonesia. Sejumlah kota besar dinilai belum memiliki kualitas udara yang baik menurut standar dunia sehingga lama kelamaan akan berdampak buruk pada kesehatan.

Untuk meminimalkan polusi udara di kota, kamu bisa berperan serta dalam menjaga udara baik dari luar rumah maupun dalam rumah, seperti :

Pakai transportasi umum

Polusi dan kemacetan terjadi karena terjadi peningkatan kendaraan pribadi, yang lebih parahnya lagi, kebanyakan hanya diisi satu orang. Bagaimana kalo saat bepergiaan kita beralih memakai kendaraan umum? Dengan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, maka akan ada lebih sedikit asap kendaraan yang mencemari udara.

Bersepeda atau berjalan kaki

Bersepeda dan berjalan kaki adalah cara mudah bepergian dalam jarak dekat tanpa polusi dan sekaligus menyehatkan. Namun, saat berjalan kaki atau bersepeda disarankan menghindari jalan dengan mobilitas lalu lintas yang tinggi terutama pada jam-jam sibuk.

.

Selain melakukan perubahan dari segi berkendara, untuk mencegah polusi udara, kamu bisa melakukan hal sederhana di rumah untuk menanggulangi polusi udara dalam ruangan, dan menciptakan udara yang lebih segar seperti:

Berkebun di rumah

image : google

Berkebun di rumah (urban farming) bisa menjadi solusi. Tidak hanya mendapat udara segar di sekitar rumah, tapi juga mengobati stres ketika pikiran sedang butuh penyegaran. Untuk menyiasati lahan terbatas, tanaman tidak harus ditanam di media tanah, tapi bisa juga dengan sistem hidroponik. Jika semua orang melakukannya, maka kualitas udara di kota diharapkan akan membaik.

Kurangi merokok

Seringkali rokok dianggap sepele karena hanya menghasilkan sedikit asap. Padahal dalam asap rokok terkandung setidaknya 4.000 bahan kimia yang mempu mencemarkan udara. Selain menyebabkan polusi, asap rokok juga dapat meningkatkan risiko anak terkena infeksi telinga, pernapasan, asma, kanker dan sindrom kematian bayi mendadak atau (SIDS)

Mengurangi Produk Kemasan

Plastik, kardus dan aluminium merupakan menyumbang terbesar atas polusi udara. Sebaiknya, kamu mulai memperhatikan penggunaan produk kemasan seperti memilih kemasan yang dilengkapi label daur ulang, membawa tas kain belanja sendiri saat berbelanja di swalayan, membeli produk hasil bumi dan meninggalkan produk yang dikemas dalam bentuk kaleng atau beku.

Jika cara-cara sederhana di atas dilakukan secara konsisten oleh semua orang, maka polusi di kota, terutama polusi udara, secara perlahan akan berkurang. Dengan demikian, menghirup udara bersih dan bernapas lebih lega di jam berangkat atau pulang kantor bukanlah lagi hal yang mustahil.

Mau rumah di Jogja? Klik disini.

Tags                       : polusi , rumah sehat , polusi udara , tips n trik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *