5 Cara Praktis Feng Shui Rumah Impian Anda Maksimal : Bumi Sedayu

Bumi Sedayu > Artikel > 5 Cara Praktis Feng Shui Rumah Impian Anda Maksimal : Bumi Sedayu

 

Rumah modern 1 lantai : Rumah di jalan wates : Rumah minimalis 2019 : Rumah minimalis 1 lantai : Rumah di sedayu jogja : Rumah masa kini : Rumah terbaru : Rumah modern type 36/45 : Rumah minimalis type 36/45 : Rumah modern di bantul : Rumah minimalis di bantul 2019 : Rumah mewah type 36/45 : Perumahan di bantul 2019 : Perumahan di jalan wates Yogyakarta : Perumahan baru di Yogyakarta : Perumahan terbaik di Yogyakarta : Perumahan minimalis terbaru : Perumahan type 36 & 45 : Perumahan type 36/45 di Yogyakarta : Perumahan type 36/45 di jogja barat : Perumahan harga dibawah 300 juta

 

Pengertian Ilmu Feng Shui pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia agar dapat hidup selaras dengan alam lingkungan sekitarnya. Feng shui merupakan ilmu bumi, astrologi, topografi, geomancy kuno yang berasal dari Tiongkok (Cina) yang telah digunakan sejak 4.700 tahun yang lalu. Ilmu Feng Shui digunakan untuk menentukan lokasi Istana Kekaisaran agar selaras dengan pergerakan langit, pada zaman Kong Hu Cu (551-479 SM).

Istilah Feng Shui terdiri dari dua unsur kata yaitu Feng yang berarti angin dan Shui yang berarti air. Dengan demikian inti dari ilmu Feng Shui sebagai perhitungan segala hal yang berdasarkan tinjauan atau kaidah‐kaidah angin dan air. Oleh karena Ilmu Feng Shui dapat meningkatkan kehidupan dan keberuntungan yang lebih baik dalam kehidupan, maka ilmu ini banyak diterima dan populer di berbagai negara di dunia.

 

Banyak masyarakat yang memandang Feng Shui hanya sebagai mistik, mitos, kepercayaan, ramalan, tahayul dan sejenisnya. Akan tetapi, Feng Shui dapat dijelaskan dengan logika oleh karena itu dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan. Banyak sekolah yang mengajarkan ilmu  Feng Shui, bahkan ada universitas membuka jurusan khusus untuk mempelajari ilmu ini. Tidak sedikit jurusan teknik Arsitek mempelajari Feng Shui untuk merancang konstruksi bangunan modern karena dapat diterima secara logika.

 

Ada banyak aspek untuk membuat sebuah desain rumah yang baik menurut feng shui, diantaranya adalah :

  1. Memanfaatkan fungsi cermin

Kami sudah sering membahas mengenai manfaat cermin untuk menambah dimensi ruangan sempit secara visual. Ternyata bukan itu saja yang bisa kita manfaatkan dari cermin. Dalam feng shui rumah, cahaya selalu berhasil mendatangkan atmosfer positif yang baik untuk segala macam kondisi kejiwaan. Untuk itu, disarankan menggantungkan cermin menghadap arah masuknya cahaya dalam ruangan. Pantulan cahaya dari cermin akan menyebar ke seluruh ruangan bersama atmosfer positif yang dibawanya.

 

Cermin yang diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebaiknya memiliki bingkai menarik agar tampak indah dipandang. Cermin juga sebaiknya tidak diletakkan di atas tempat tidur karena bisa membahayakan keselamatan bila sewaktu-waktu cermin terlepas dari gantungan. Cermin untuk dekorasi dapur sebaiknya kecil karena cermin akan mudah kotor akibat asap masakan atau cipratan minyak.

2.  Menjaga kerapian rumah

Inilah hal paling sederhana dalam ilmu feng shui rumah yang bisa diterapkan setiap saat. Siapa saja pasti merasa nyaman melihat suasana rumah yang rapi. Suasana hati yang nyaman dan tenang baik untuk memotivasi diri agar lebih giat bekerja dan mengumpulkan pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pemilik rumah tidak perlu berkecil hati dengan ukuran rumah yang sempit, karena bukan itu satu-satunya yang menjamin kenyamanan tinggal di sebuah rumah.

Cara untuk menjaga kerapian rumah sangat mudah, karena yang kita butuhkan hanya dua hal. Pertama, tempat penyimpanan untuk menyimpan benda-benda keperluan rumah tangga yang mengganggu pemandangan. Kedua, sedikit waktu untuk merapikan rumah setiap hari. Jika anda tahu caranya, merapikan rumah bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan secara rutin.

3.  Pencahayaan penting untuk feng shui rumah sempurna

Siapa saja yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di rumah pasti akan merasa nyaman bila ruangan tempat ia bekerja mendapat cukup cahaya alami, baik dari pintu dan jendela. Namun, cahaya yang masuk ke ruangan perlu diatur agar tidak langsung meninggalkan ruangan. Misalnya, pintu depan dan pintu belakang di rumah berada dalam satu garis lurus. Dalam ilmu feng shui rumah posisi ini kurang baik karena energi (chi) dari cahaya akan berlalu cepat meninggalkan rumah, masuk dari pintu depan lalu keluar dari pintu belakang. Bila posisi pintu rumah tidak dapat dirubah, hal ini bisa diatasi dengan menambahkan karpet dekat pintu depan atau hiasan dinding di antara pintu depan dan pintu belakang untuk menyerap cahaya yang masuk ke ruangan.

4.  Menata kamar tidur menurut feng shui rumah

Ilmu feng shui rumah juga punya tips untuk penataan kamar tidur. Bila kualitas tidur baik di pagi hari tubuh akan terasa bugar untuk menghadapi tanggung jawab sehari-hari. Posisi tempat tidur sebaiknya sejauh mungkin dari tempat tidur dan usahakan agar tempat tidur tidak berhadapan langsung dengan pintu. Jika pintu ada di sebelah kanan, maka posisi tempat tidur sebaiknya jauh di sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya. Jika pintu ada di tengah-tengah ruangan, letak tempat tidur sebaiknya di seberang kiri atau kanan ruangan. Mengubah letak tempat tidur juga disarankan untuk mereka yang mengalami gangguan tidur (sulit tidur atau sering mimpi buruk). Meletakkan tanaman segar dalam kamar tidur tidak baik untuk kesehatan karena tanaman menyerap oksigen pada malam hari. Demikian juga meletakkan televisi di kamar tidur. Televisi dan perangkat elektronik seperti smartphone harus diletakkan jauh dari ranjang, karena gelombang elektromagnetik yang dipancarkan perangkat ini bisa mengganggu kesehatan dalam jangka panjang.

5.  Dapur ideal menurut feng shui rumah

Menurut feng shui rumah, dapur yang ideal tidak terletak pada posisi T bila dilihat dari pintu depan atau jalan masuk/ koridor menuju dapur (tusuk sate). Selain itu, tidak disarankan membangun kamar tidur atau kamar mandi di atas dapur. Alasannya sebenarnya cukup logis. Bila terjadi kebakaran akibat kompor gas yang meledak misalnya, api tidak akan langsung menyambar kamar tidur. Sedangkan kamar mandi identik dengan aktivitas kotor (mandi dan buang air). Tidak layak rasanya bila tempat di mana kita menyiapkan makanan berada di bawah kamar mandi bukan? Sama seperti ruangan lainnya, dapur harus selalu rapi dan bersih. Benda-benda tajam seperti pisau harus disimpan pada tempatnya bila tidak digunakan.

 

 

Website                              : www.bumisedayu.com

Instagram                            : bumi.sedayu.residence

WA / Phone                       : 0815 8585 1636

Alamat Perumahan         : Dusun KALIURANG, Desa ARGOMULYO, Kecamatan SEDAYU, Kabupaten BANTUL, Provinsi D. I. YOGYAKARTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *