5 Cara Tepat dan Efektif Agar Kamar Tidur Bersih dan Rapi

Bumi Sedayu > Artikel > 5 Cara Tepat dan Efektif Agar Kamar Tidur Bersih dan Rapi
image : gigipip.com

Memiliki waktu yang super padat sering kali kita lalai akan kerapian kamar kamu. Padahal menurut penelitian, membersihkan kamar pada pagi hari akan mempengaruhi mood kamu sepanjang hari. Kerapian sebuah kamar bisa membuat mood yang mulanya berantakan setelah bangun tidur, bisa menjadi mood yang bagus. Pun ketika kamu saat pulang kerja lalu mendapati kamar kamu yag bersih dan rapi, niscaya kamu akan senang.

Sebenarnya membersihkan kamar cukup simple. Biasakan untuk selalu merapikan tempat tidur begitu kamu bangun. Lipat selimut, tata bantal dan guling dan rapikan seprei. Beres. Tapi kamar kan tidak hanya kasur?

Nah, berikut kita kasih tips ampuh merapikan kamar yang berantakan secara bertahap.

1. Angkut pakaian dari lantai dan kasur

Ketika kita pulang bekerja, jangankan mau untuk menggantungkan pakaian yang sehabis kamu pakai. Paling enak ya melempar atau menaruh pakaian sembarangan. Kebiasaan itu jangan diulangi lagi ya. Ambil pakaianmu dari lantai dan kasur. Pilah pakaian mana yang ingin kamu pakai kembali dan mana yang kotor. Pakaian yang masih dipakai kembali diletakkan di gantungan atau dilipat kembali, sedangkan pakaian kotor dimasukkan ke dalam keranjang cucian.

Kebiasaan menggantungkan pakaian dan menaruh pakaian kotor di kantung cucian harus kamu pelihara. Usul punya usul, pakaian bekas pakai yang menumpuk membuat nyamuk datang dan jadi sarang nyamuk. Nggak mau kamar berantakan malah jadi sarang penyakit, kan? Maka dari itu, pelihara kebiasaan ini supaya kamar berantakan kembali rapi, ya.

2. Manfaatkan bagian bawah ranjang

Cara menata kamar sempit yang kekurangan ruang adalah dengan memanfaatkan bagian bawah ranjang. Kamu bisa menyulapnya menjadi tempat penyimpanan rahasia, bahkan lemari pakaian.

3. Pilah barang-barang mana yang mau tetap digunakan dan mana yang tidak

Trik ketiga untuk mengatasi kamar berantakan adalah pilah barang-barangmu. Tentukan barang mana yang mau kamu pakai kembali dan mana yang ingin kamu keluarkan dari kamar atau buang. Jika sudah dipilah, letakkan barang yang masih ingin dipakai secara teratur. Misalnya, taruh buku-buku di rak yang ada di kamar kamu. Bila tidak ada, sebaiknya kamu memasang rak dinding untuk menghemat ruangan juga.

Barang yang tidak kamu inginkan di dalam kamar bisa kamu simpan di gudang, buang, atau bahkan kamu jual kembali. Justru hal ini sangat menguntungkan karena kamu mendapatkan uang yang bisa kamu tabung untuk kebutuhan lainnya, seperti membeli organizer guna merapikan kamar berantakan.

4. Membersihkan spring bed paling tidak 6 bulan sekali

Meski tertutup seprei setiap saat, bukan berarti spring bed tidak bisa kotor. Tungau dan bakteri yang tidak kasat mata bisa bersarang di permukaannya. Lakukan pembersihan spring bed minimal 6 bulan sekali agar tempat tidur kamu bersih dan bebas kuman. Gunakan bantuan profesional bila diperlukan.

5. Bersihkan kamar secara rutin

Sesudah kamu mengembalikan barang-barang yang berceceran ke tempat semula, saatnya kamu membersihkan kamar berantakan dari debu. Mulailah dari membersihkan rak dan sudut-sudut ruangan yang sulit dijangkau. Gunakan kanebo basah agar lebih hemat dan tidak memakan waktu banyak. Selanjutnya, bersihkan lantai dengan sapu dan pel hingga bersih. Kamar berantakan pun kembali seperti kamarmu yang rapi dan bersih.

Saatnya praktekkan tips ini di rumah kamu. Yuk!

Mau rumah minimalis di Jogja? Klik disini.

Tags                       : bedroom , interior , tips n trik , rumah minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *