5 Tips Membuat Rumah Wangi Secara Instan dan Tahan Lama

Bumi Sedayu > Artikel > 5 Tips Membuat Rumah Wangi Secara Instan dan Tahan Lama
image : google

Setiap rumah biasanya memiliki aroma tersendiri yang bisa tercium ketika kita memasukinya. Ada hal penting yang harus Anda perhatikan, ini bukan tentang aroma khusus saja. Tapi tentang  memupuk memori terhadap wawangian khas rumah Anda. Biasanya hanya dengan melakukan cara yang sederhana, yaitu dengan membuka jendela dan pintu dan membiarkan udara segar masuk.

Udara segar tidak hanya membungkam udara kotor dan bau busuk, tapi juga memiliki aroma bersih dan segar yang Anda butuhkan. Sayangnya, membuka pintu dan jendela rumah Anda bukanlah pilihan yang tepat ketika Anda tinggal diperkotaan yang padat penduduk.

Pentingnya aroma di sebuah rumah, memaksa Anda untuk memberi perhatian lebih. Tentu Anda tidak mau apabila rumah Anda memiliki bau yang tidak sedap?

Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab Carolyn Forte mempunyai beberapa trik dari sejumlah pakar untuk menghilangkan bau tidak sedap dan membuat rumah Anda harum kembali.

1. Merebus wewangiana

Sebuah trik mudah yang dapat Anda lakukan ketika akan mengadakan sebuah pesta dan menginginkan rumah menjadi harus sepanjang hari dengan menggunakan simmer air dalam panci kecil dan tambahkan irisan jeruk dan rempah-rempah, seperti lavender atau mint. Biarkan campuran alam membuat aroma harum menyebar di seluruh rumah Anda.

2. Rutin membersihkan saluran pembuangan

Perhatikan bau tidak enak yang sering muncul dari wastafel di kamar mandi atau tempat cucian piring di dapur. Sempatkan waktu untuk memeriksanya lebih mendalam. Jika sudah tercium sumber baunya, cobalah untuk menyemprotkan sedikit sabun cuci piring beraroma lemon ke dalam pembuangan wastafel itu, kemudian keluarkan air dari kerannya.  Anda juga bisa memasukkan kulit lemon atau jeruk nipis di saluran pembuangan, lalu disiram banyak air. Namun, jangan lupa mengambilnya kembali secara berkala, karena kalau tidak, akan menyumbat aliran air. Jika bau tidak enak tetap ada, tuangkan setengah cangkir baking soda sambil menuangkan air hangat ke dalamnya.

3. Tempatkan Lilin Secara Strategis

Lilin adalah cara yang tepat untuk membuat aroma rumah Anda terasa berkesan, namun beberapa penempatan pintar dapat meningkatkan efisiensinya.

Anda dapat mencoba menempatkan lilin di lemari linen atau kain mana saja yang bisa hidup dan bisa menyerap aroma. Tidak hanya mendapat kejutan yang menyenangkan setiap kali Anda membuka pintu, tapi linen Anda akan membawa aroma kemanapun Anda menggunakannya. Lilin aromatherapy memiliki aroma tahan lama dan tampil dalam desain modern yang keren.

4. Bawa tanaman kedalam rumah

Tanaman pot tidak hanya untuk menambah penampilan indah dirumah Anda, tapi tanaman juga dapat menjadi pembersih udara alami. Beberapa yang cocok dipajang didalam rumah adalah berbagai jenis pohon palem, anggrek dan bunga lili yang dapat menciptakan suasana damai.

5. Memasak yang beraroma lezat

Berbicara tentang makanan, tidak semua bau makanan itu buruk. Sebenarnya, ada cara sederhana untuk membuat rumah Anda berbau enak. Salah satunya dengan menggoreng bawang sebelum pertemuan keluarga sehingga semua orang disambut di pintu dengan aroma lezat makanan segar dan rumahan.

Singkirkan bau busuk dan berminyak seperti bawang putih, tapi pertimbangkan untuk memanggang roti, tumis rosemary segar, tempelkan beberapa batang kayu manis ke dalam kompor ketika sedang memasak atau pertimbangkan anggur untuk menambah aroma sedap dirumah Anda.

Mau rumah minimalis di Jogja? Klik disini.

Tags                       : bumi sedayu , tips interior , interior , rumah harum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *