5 Tips Membuat Taman Depan Rumah Secara Efektif

Bumi Sedayu > Artikel > 5 Tips Membuat Taman Depan Rumah Secara Efektif

Bayangkan ketika kamu bangun dipagi hari lalu keluar rumah dan mendapati embun menyelimuti tanaman yang tertata rapid an kamu secara tak sengaja tersenyum sendiri. Hal tersebut bisa menjadi salahsatu moodbooster pagi hari mu untuk melakukan aktifitas sepanjang hari. Padahal sepele seperti melihat tanaman tertata rapi namun mampu mengubah suasana hati.

Tapi tunggu dulu, apakah memang sepele? Dari kasus diatas kita bisa membedah “komponen” apa saja untuk bisa membuat kita tersenyum.

Yang pertama, rumah. Rumah menjadi komponen penting di kasus ini. Bisa saja sih diganti taman kota. Berarti kamu tidurnya juga ditaman kota dong?

Yang kedua, taman. Punya rumah tapi tidak punya mana ya sama saja. Kasusnya mirip yang pertama, kamu bisa saja ke taman kota. Tapi ngapain capek-capek kesana? Pagi-pagi lagi.

Yang ketiga, embun. Hmm…ini sih faktor alam ya. Jadi kita tidak bisa memanipulasi embun. MUngkin bisa, tapi pasti ribetnya minta ampun. Nggak jadi bikin mood lebih baik malah tambah stress.

Nah, kita mau membahas salahsatu komponen tersebut, yaitu taman. Siap untuk menjajaki tips cara membuat taman depan rumah? Sudah yakin kalau kamu punya kemampuan dalam tata cara membuat taman depan rumah? Jangan cemas, berikut 5 tips membuat taman depan rumah secara efektif dan terencana.

Analisa Kemampuan Yang Dimiliki

Banyak yang senang dengan hobi berkebun, tetapi sebenarnya tidak semua orang punya kemampuan atas cara membuat taman depan rumah sendiri loh. Jadi sebelum kamu terlalu ambisius terjun ke cara membuat taman depan rumah, ada baiknya lakukan riset kecil-kecilan atas dasar tata cara membuat taman depan rumah sendiri, termasuk pengenalan jenis tumbuh- tumbuhan yang diinginkan, situasi landscape yang ada, hingga pendekatan yang paling realistis.

Jika kamu termasuk tipe yang mahir dengan jenis tanah, tumbuhan dan juga punya waktu dalam cara membuat taman depan rumah sendiri, maka lanjutkan dengan langkah-langkah konkrit selanjutnya.

Cari Tahu Jenis Taman Yang Diinginkan

Pahami kondisi taman depan rumah yang ada dan sesuaikan dengan ekspektasi kamu. Taman depan rumah harus bisa menjadi representasi cita rasa dan selera pemilik rumah, sebuah tempat dimana anggota rumah bisa bebas beraktivitas dan merasa senang dengan hasil akhir taman depan rumah.  Untuk mendapatkan inspirasi tentang jenis taman depan rumah yang diinginkan, coba gali inspirasi dari majalah, internet dan ide-ide taman lain yang pernah kamu lihat.

Mulai Susun Anggaran (Budget)

Beberapa pengerjaan landscape dalam cara membuat taman depan rumah tidak akan semahal perkiraan awalnya, namun bisa juga anggaran menjadi bengkak tak menentu arah. Supaya cara membuat taman depan rumah ini berjalan sesuai budget yang ada, coba bagi area taman rumah menjadi beberapa bagian dan biaya yang akan timbul.

Tidak yakin dengan kemampuan penyusunan anggaran? Konsultasikan dengan ahlinya dan bandingkan apakah cara membuat taman depan rumah sendiri akan lebih mahal atau murah daripada jasa profesional.

Bagi Target & Jalankan Sesuai Timing

Setelah rencana cara membuat taman depan rumah sudah mantap seluruhnya, baik dari segi prosedur hingga budget, saatnya untuk mulai bekerja! Namun, pahami kalau cara membuat taman depan rumah tidak akan mengambil waktu yang singkat, bisa bulanan hingga menahun.

Visi dalam cara membuat taman depan rumah ini memang berbeda- beda bagi tiap individu. Supaya kamu tidak kewalahan, bagi proyek cara membuat taman depan rumah ini dalam beberapa fase dan beri target waktu yang realistis. Ini baik supaya rencana jangka pendek ini bisa diselesaikan satu persatu, dibandingkan dengan membuat rencana jangka panjang yang tidak kunjung kelar.

Jangan Impulsif & Terburu- Buru

Cara membuat taman depan rumah selalu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mengikuti rencana yang sudah dipersiapkan. Hindari pembelian impulsif seperti dekorasi taman yang tidak direncanakan, tetapi tetap evaluasi setiap pembelian sesuai budget dan style taman yang direncakan. Ini gunanya riset yang sudah kamu jalankan di awal.

Taman depan rumah boleh saja berubah tetapi tidak secara drastis dan dalam waktu singkat. Sebaliknya, taman depan rumah boleh berubah sesuai waktu dan kebutuhan, misalnya merubah area tertentu untuk mengakomodasi si kecil yang mulai tumbuh aktif dsbnya.

Mau rumah modern minimalis dengan suasana asri di wilayah Jogja? Klik disini.

Tags                       : garden , eksterior rumah , kebun , taman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *