Bagaimana cara berinvestasi dengan membeli rumah ?

Bumi Sedayu > Artikel > Bagaimana cara berinvestasi dengan membeli rumah ?

Berbicara tetang rumah, selain untuk tempat tinggal, rumah merupakan salah satu aset yang nilainya terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu tempat untuk mengalokasikan uang yang menguntungkan. Sebab, investasi rumah saat ini merupakan pilihan bisnis di bidang properti yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Tak sedikit orang untuk memperluas bisnis di bidang properti saat ini. Selain dari pihak bank, para broker properti menyajikan kemudahan yang ditawarkan. Maka tidak dapat dipungkiri kita sebagai manusia menginginkan kesejahteraan finansial, yang tentunya semua itu didapat dengan jerih payah kita baik menjadi pekerja ataupun pengusaha.

Kembali ke investasi rumah, salahsatu dan poin utama kelebihan dari investasi ini adalah selain harga tanah yang selalu naik, maka harga bangunannya pun akan otomatis ikut naik sesuai keadaan yang ada. Di samping itu desain dan perawatan yang apik akan semakin menjaga nilai dari investasi tersebut.

Nah, berikut beberapa trik yang bisa Anda pelajari untuk berinvestasi rumah yang handal.

1.      Hitung Kembali Keuangan Anda

Tujuan utama pembelian rumah yang Anda lakukan adalah untuk membuat keuangan menjadi lebih sehat dengan adanya aliran penghasilan dari rumah yang disewakan. Namun, mempertimbangkan masalah keuangan menjadi hal yang sangat penting saat akan menentukan pembelian rumah.

Harga rumah yang akan dibeli akan menentukan berapa DP minimal yang harus dibayarkan dan berapa cicilan yang perlu dibayarkan secara rutin setiap bulan. Jangan sampai cicilan yang dikeluarkan setiap bulan memberatkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Jumlah cicilan ideal yang bisa diambil sekitar 30% dari total penghasilan yang Anda dapatkan setiap bulan.

2.      Lokasi dan Jenis Rumah yang Akan Dibeli

Jika Anda bertujuan bahwa rumah yang akan dibeli untuk investasi di masa depan, maka penentuan lokasi dan jenis rumah menjadi langkah penting selanjutnya. Lokasi yang buruk dan tidak strategis akan sulit menarik penyewa untuk menggunakannya dan juga perkembangan nilainya bisa lambat dari rata-rata harga properti.

Pertimbangkan faktor fasilitas yang ada di sekitar lokasi, sarana transportasi, fasilitas publik, dan lokasi yang strategis.

Jika Anda membidik para wisatawan sebagai penyewa rumah, sebaiknya pilih lokasi properti yang berdekatan dengan berbagai tempat wisata di sekitar.

Atau jika Anda membidik pekerja dari luar kota, lokasi bisa dipilih berdekatan dengan pusat bisnis yang strategis.

3.      Siapkan Anggaran untuk DP Rumah

Jika Anda mampu membayar uang muka rumah lebih besar dari minimal pembayaran, maka pinjaman dan jumlah cicilan setiap bulan bisa semakin rendah. Saat ini nilai minimal uang muka yang harus dibayarkan untuk sebuah rumah berkisar dari 10 – 20% dari harga jual.

Dari mana Anda bisa mempersiapkan uang muka?

Jangan menyimpan uang ditabungan untuk mempersiapkan uang muka pembelian rumah, karena waktu yang diperlukan untuk mengumpulkannya bisa sangat lama dan memakan waktu.

Solusi terbaik yang bisa dipilih adalah dengan berinvestasi pada instrumen investasi yang menawarkan imbal hasil kompetitif.

4.      Eksplorasi Metode Pembiayaan Lain

Daripada Anda meminjam uang di bank untuk membeli sebuah properti, sebaiknya pertimbangkan untuk meminjam uang dari teman atau keluarga. Pilihan pembiayaan seperti ini tentu saja ada untung dan rugi yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Keuntungannya Anda tidak perlu membayar pinjaman dengan beban bunga yang tinggi, sedangkan kerugiannya adalah hubungan Anda bisa rusak dengan teman dan keluarga, saat tidak bisa membayarkan hutang tersebut tepat waktu.

5.      Sewakan Rumah Anda

Hal yang perlu dipertimbangkan pada fase ini adalah mulai menentukan berapa biaya sewa yang akan dipatok setiap bulannya. Biaya sewa dipatok berdasarkan fasilitas yang Anda berikan kepada penyewa, lokasi properti yang dimiliki, dan lain sebagainya.

Jangan sampai biaya sewa yang Anda tetapkan tidak mampu menutup biaya yang perlu dikeluarkan untuk sebuah properti tersebut.

Terapkan juga beberapa aturan untuk para penyewa rumah agar Anda bisa meminta mereka mempertanggungjawabkan kesalahan yang dilanggar.

Mau berinvestasi rumah yang jelas menguntungkan? Segera hubungi tim pemasaran kami di WhatsApp 0811-360-1636.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *