Banyak Cara Menabung Untuk Beli Rumah, Berikut 5 di Antaranya

Bumi Sedayu > Artikel > Banyak Cara Menabung Untuk Beli Rumah, Berikut 5 di Antaranya

Selalu menunda dan memiliki berbagai alasan untuk tidak segera melakukan investasi adalah hal yang sering kita lakuakan. Padahal untuk urusan penghasilan bisa dibilang lebih dari cukup. Apalagi usia yang masih muda (milenial saat ini) dan belum punya tanggungjawab lebih, seperti menikah misalnya. Investasi itu merupakan bekal masa depan yang panjang, lho. Ditambah pula bisa untuk mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan yang tidak diinginkan.

 

Salahsatunya adalah investasi rumah. Investasi ini bisa dibilang investasi yang minim kegagalan. Bagaimana tidak, dengan fakta bahwa harga rumah dan tanah mengalami kenaikan setiap tahunnya dan rumah merupakan kebutuhan setiap orang. Ini merupakan investasi yang cocok saat ini disamping investasi emas, saham, dan mata uang asing.

 

Tak ada gunanya menunda untuk memiliki rumah dari sekarang. Jika semua sudah siap, tinggal bagaimana kita mengelolanya.

 

Nah, berikut tips mengelola keuangan bagi kamu untuk bisa punya rumah impian.

 

  1. Punya tujuan jelas

Ini akan menjadi poin yang sangat penting bagi Anda yang ingin memulai untuk menabung. Tentukan dan milikilah tujuan yang jelas dalam menabung. Nantinya tujuan Anda untuk menabung menjadi lebih terarah dan tidak berjalan dengan asal-asalan. Tujuan yang jelas akan membantu Anda untuk tetap fokus dan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh ke arah tersebut. Anda mengetahui dengan jelas tentang hal yang akan dituju dalam rencana keuangan yang Anda susun. Ini akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menabung tanpa tujuan ataupun keinginan yang kuat dari diri Anda sendiri.

Jangan hanya menetapkan tujuan saja pada awal-awal kemudian tidak diwujudkan dan dilupakan begitu saja. Memang hampir setiap orang tidak ada yang tak pernah lupa. Tidak ada salahnya untuk menuliskan tujuan Anda dan menempelkannya di tempat-tempat yang mudah terlihat. Hal ini akan membuat Anda selalu ingat dan fokus pada tujuan tersebut.

 

  1. Tentuin jumlahnya

Setelah tujuan, besaran/jumlah tabungan adalah salah satu hal lainnya yang harus Anda miliki dengan jelas sejak awal. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa memiliki gambaran yang paling tepat mengenai kapan dan bagaimana tabungan tersebut dapat membantu Anda dalam memiliki rumah impian. Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang Anda terima.

Jangan menentukan nominal yang tidak masuk akal di dalam rencana keuangan yang Anda buat. Sebab hal ini hanya akan membuat kegiatan menabung Anda menjadi sebuah beban. Bukan hanya itu saja, jumlah tabungan yang terlalu besar dan tidak proporsional ini hanya akan mengganggu berbagai pos-pos lainnya di dalam keuangan Anda. Miliki jumlah yang tepat dan segera sisihkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah tersebut. Tabungan harus menjadi komponen tetap di dalam keuangan. Bukan sebuah pos yang kadang ada dan kadang hilang.

 

  1. Target tabungan yang tepat

Kegiatan menabung yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika dilakukan secara tersistem. Terapkan sejumlah aturan dalam pengelolaan keuangan dengan memiliki sejumlah target secara berkala. Misalnya, target mingguan, target harian, dan yang lainnya.

Hal ini akan membuat Anda memiliki kontrol yang baik dalam mengelola keuangan. Terlebih menerapkan sejumlah sanksi bagi diri Anda sendiri jika sewaktu-waktu tidak bisa mencapai target tersebut dengan baik dan tepat. Tidak perlu menetapkan sejumlah target yang terlalu besar, yang justru akan membuat Anda malas untuk menjalankannya.

 

  1. Lunasi Hutang

Jika ternyata kita memiliki utang, akan sangat baik apabila utang tersebut segera dibayarkan. Ketika tidak lagi memiliki beban utang, proses menabung akan jauh lebih mudah dan menyenangkan. Sebab Anda bisa fokus pada kegiatan menabung. Utang juga akan menjadi beban pikiran yang mungkin saja akan membuat Anda menjadi tertekan. Karena itu, akan sangat lebih nyaman jika Anda tidak memiliki beban tersebut.

 

  1. Hidup hemat

Menjalani pola hidup hemat adalah hal yang terbilang cukup sulit untuk dilakukan, terutama apabila selama ini Anda terbiasa membelanjakan uang tanpa perhitungan yang jelas. Jangan menyepelekan hal ini. Sebab hidup hemat dapat membuat Anda menjadi bebas dari sejumlah masalah keuangan pada masa yang akan datang. Biasakan untuk selalu menjalankan pola hidup hemat agar sejumlah uang yang ada bisa dialokasikan ke dalam tabungan.

 

Langkah terakhir adalah, jalani dengan komitmen yang tinggi dan disiplin. Niscaya~

 

 

Tags       : rumah , investasi , milenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *