Beli Rumah di Pinggiran Kota. Kenapa Tidak?

Bumi Sedayu > Artikel > Beli Rumah di Pinggiran Kota. Kenapa Tidak?

Kota-kota besar di Indonesia tumbuh semakin pesat. Akibatnya kondisi di pusat-pusat kota menjadi padat dan sesak. Itu sebabnya, harga properti di sana semakin susah didapat. Sekalipun bisa, pasti harga dan spesifikasinya tidak sesuai dengan keuangan kita.

 

Sebenarnya ada alternatif lain ketika kita mau membeli rumah. Ya, kita bisa membeli rumah impian di pinggir kota. Meski cukup jauh dari pusat kota, membeli hunian idaman di area suburban sebenarnya bukanlah ide yang buruk. Mengapa? Berikut beberapa alasan mengapa membeli rumah di pinggiran tidaklah ide buruk dan bahkan bisa saja menguntungkan.

 

  1. Harga lebih terjangkau

Salah satu alasan utama orang memilih hunian di pinggir kota adalah harga yang lebih terjangkau. Membeli hunian di pinggir kota adalah salah satu cara mewujudkan impian memiliki rumah sendiri meski penghasilan pas-pasan. Dengan skema KPR bersubsidi, masyarakat yang berpenghasilan UMR pun dapat mempunyai hunian berupa rumah tapak dengan ukuran yang manusiawi, lengkap dengan halamannya.

 

  1. Suasana yang lebih tenang dan nyaman

Tinggal dekat dengan kota berarti kamu akan akrab dengan suasana yang padat dan bising. Nggak cuma di jalan, tapi juga di dekat tempat tinggalmu. Kalau ingin suasana yang lebih tenang, nyaman, serta nggak terlalu padat penduduknya, memilih hunian di pinggiran adalah pilihan yang tepat.

 

  1. Lingkungan yang lebih sejuk dan asri

Daerah yang memiliki tingkat kepadatan tinggi dengan gedung dan rumah berdempetan jelas bikin hawa makin sumpek dan panas. Belum lagi ketiadaan ruang terbuka hijau yang memadai. Sebaliknya, tinggal di pinggir kota memungkinkanmu untuk memperoleh lingkungan yang masih sejuk dan asri karena belum banyak pembangunan dan manusia di daerah tersebut.

 

  1. Investasi yang menguntungkan

Memiliki hunian berupa rumah tapak di pinggiran kota jelas merupakan investasi yang menguntungkan, karena daerah tersebut selalu memiliki kemungkinan untuk berkembang pesat. Jika demikian, dalam beberapa tahun harga propertimu bisa naik berkali-kali lipat, lho!

 

 

Sebelum memilih hunian di area suburban, pertimbangkan beberapa hal berikut!

 

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli rumah di pinggir kota.

Yang pertama adalah aksesnya. Pastikan kondisi jalan cukup bagus dan dekat dengan akses transportasi publik, sehingga kamu nggak masalah jika harus menempuh perjalanan jauh untuk bekerja di pusat kota.

 

Yang berikutnya adalah fasilitas yang tersedia di dekat rumahmu. Di manakah pasar, sekolah, tempat ibadah, serta rumah sakit terdekat yang bisa dijangkau dari rumahmu? Semakin mudah akses fasilitas publik dari rumahmu, maka akan semakin baik.

 

Terakhir, yaitu kondisi tanah. Sebelum dibangun menjadi perumahan, tanah tersebut mungkin berupa sawah yang memerlukan pengerasan terlebih dulu. Jangan ragu untuk menanyakannya atau mengecek langsung untuk menghindari terjadinya bangunan yang retak atau ambles gara-gara tanahnya nggak stabil.

 

Nah, gimana sudah tertarik kan untuk punya rumah? Klik disini.

 

 

TAG                       : rumah impian , hunian idaman , harga properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *