DANA DARURAT BUAT RUMAH

Bumi Sedayu > Artikel > DANA DARURAT BUAT RUMAH

Umur bangunan rumah anda mungkin bisa diprediksi, namun jika terjadi bencana alam situasinya akan lain bukan? Ya, insiden yang tidak kita kehendaki bisa muncul kapan saja, tidak memandang anda saat itu sedang berkecukupan atau sebaliknya.

Yang anda persiapkan adalah dana darurat untuk renovasi rumah anda. Lalu apa itu dana darurat?

Gampangnya dana darurat itu merupakan dana yang anda harus sisihkan untuk membayar perbaikan rumah yang bersifat tidak terduga dan bukan untuk investasi jangka panjang. Jadi ada baiknya anda cukup menyimpan di tabungan anda.

Menurut Byron Ellis, Managing Driector United Capital Financial Advisters, mengungkapkan besaran biaya dana darurat tersebut sebesar 1-3% dari harga rumah anda. Jadi misal rumah anda seharga 400 juta, maka besaran dana darurat tersebut Rp 4-13 juta.

Cara menhitungnya adalah anda harus tahu updatean harga pasaran rumah terkini, atau anda cukup melihat NJOP (nilai jual obyek pajak) dari rumah anda. Semudah itu.

Perlu diketahui, dana darurat buat rumah tersebut penting bagi anda sebab seperti disebut diatas, insiden bisa terjadi kapan saja, diluar kemampuan anda menganalisa. Apalagi, saat musim mendekati penghujan seperti ini, anda akan sering menemukan atap yang bocor, genteng yang pecah, dan lain sebagainya.

Ditambah lagi, saat anda melakukan perbaikan menggunakan jasa tukang pasti memerlukan biaya yang ekstra. Jadi yang perlu anda lakukan adalah mulai merencanakan dana darurat buat rumah dan segera juga mengeksekusinya.

Karena umur bangunan rumah anda siapa yang tahu? Eh, kecuali si empunya rumah itu deng.

 

Sumber : rumah123

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *