Ibu Kota Baru Kutai Kartanegara

Bumi Sedayu > Artikel > Ibu Kota Baru Kutai Kartanegara

Senin (26/8/2019) Presiden Joko Widodo mengumumkan kepindahan ibu kota baru Republik Indonesia. Setelah melalui serangkaian kajian, pemerintah menetapkan Kalimantan Timur menjadi ibu kota baru. 2 lokasi terpilih yang bakal menjadi pusat pemerintahan nantinya, yaitu kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana profil dari Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki luas wilayah sebesar 27.263,10 kilometer persegi.

Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara terdiri dari pantai, daratan, dan pegunungan. Wilayah pantainya berada di bagian timur, dan mempunyai ketinggian 0-7 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luas Kutai Kartanegara wilayah pantai seluas 202.281 hektar atau 7,4 persen dari luas wilayah kabupatennya.

Untuk luas bagian daratannya sebesar 30,73 persen dari luas kabupaten. Kondisinya berupa tanah datar sampai landau, kadang tergenang, kandungan air tanah cukup baik, dapat dialiri dan tidak erosi. Sementara, wilayah daratan dengan ketinggian lebih dari 25-100 mdpl memiliki areal seluas 25,03 persen atau sekitar 682.027 hektar.

Sementara Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri mengandalkan sektor pertambangan yang diekspor ke pasar global untuk masalah perekonomian. Akibat ahl itu, perekonomian Kutai Kartanegara di pengaruhi oleh perekonomian global.

Kebetulan lagi ada promo dengan harga dibawah 300 juta rupiah lho. Buruan hubungi kontak kami di WhatsApp 0811-360-1636.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *