Ini Dia Daftar Lembaga Penyedia KPR Terbaik 2019

Bumi Sedayu > Artikel > Ini Dia Daftar Lembaga Penyedia KPR Terbaik 2019

Ketika Anda mau membeli rumah, ada 2 metode dalam hal pembayaran, cash keras dan KPR. Lalu apa itu KPR? KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, yaitu produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan 85% – 90% dari harga rumah.

Sampai saat ini KPR masih disediakan oleh perbankan. Pengembang biasanya sudah bekerja sama dengan bank untuk mempermudah proses pengajuan KPR. Oleh sebab itu, salah satu pertimbangan saat membeli rumah adalah bank yang menyalurkan KPR.

Lalu apa saja bank yang memiliki suku bunga rendah? Berikut 5 daftar perbankan yang bisa Anda pilih.

1. Bank BTN

KPR dari Bank BTN bisa digunakan untuk pembelian rumah dari developer ataupun non developer. Termasuk untuk cicilan rumah baru dan second, serta pembelian rumah siap huni (ready stock) atau belum jadi (indent), hingga take over kredit dari bank lain. Untuk periode saat ini  BTN masih hold di angka yang sama seperti dua bulan sebelumnya. Tepatnya untuk bunga fixed dua tahun sebesar 8,99%.

2. Bank Central Asia (BCA)

Untuk bunga mengambang (floating), BCA mematok nilai tertinggi di angka 11,50% eff.p.a. Selain itu, yang perlu diketahui tentang ketentuan suku bunga lainnya adalah:

Untuk suku bunga fix 3 atau 5 tahun, tenor kredit minimal sama dengan periode bunga fixed-nya

Suku bunga floating hanya berlaku untuk debitur KPR existing dan tidak berlaku untuk debitur baru

Suku bunga tersebut diatas berlaku juga untuk KPA dan KPR X-tra Duo

3. Bank Negara Indonesia (BNI)

BNI Griya menghadirkan promo suku bunga KPR di sepanjang periode April hingga September. Suku bunganya tetap sebesar 7,75% untuk dua tahun. Menariknya lagi, tenor cicilan KPR dari BNI bisa sampai 25 tahun.

Jika tertarik menggunakan KPR dari BNI, maka simulasinya berdasarkan Kalkulator KPR untuk rumah seharga Rp350 juta dengan DP 20% dan tenor 20 tahun, maka cicilan per bulan yang akan dikenakan sekitar Rp2.298.655 untuk dua tahun pertama.

4. Bank BRI

Sementara itu Bank BRI dengan penawaran suku bunga 9,75% fixed selama satu tahun pertama. Sehingga setelah jangka waktu fixed rate berakhir, suku bunga yang berlaku adalah suku bunga floating rate.

KPR dari Bank BRI berlaku untuk pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over/take over top up dari bank lain.

5. Bank Mandiri

Terakhir ada Bank Mandiri menghadirkan suku bunga sebesar 8,99% tetap selama satu tahun dan  9,99% tetap untuk tiga tahun dengan minimal tenor lima tahun.

Bank Mandiri juga memiliki fasilitas KPR Angsuran Berjenjang, dimana program ini bertujuan memudahkan karyawan untuk membeli rumah, dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ketiga. Pada tahun keempat, jumlah angsuran akan kembali normal.

Kebetulan lagi ada promo dengan harga dibawah 300 juta rupiah lho. Buruan hubungi kontak kami di WhatsApp 0811-360-1636.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *