JACK MA, PEMILIK RUMAH TERMAHAL ASIA

Bumi Sedayu > Artikel > JACK MA, PEMILIK RUMAH TERMAHAL ASIA

Kabar mengejutkan datang dari founder Alibaba, Jack Ma. Ia memutuskan mundur dari perusahaan yang telah dibangun mulai tahun 1999 tersebut dan digantikan oleh Daniel Zhang.

Kabar pengunduran diri tersebut secara resmi diumumkan bertepatan dengan ulangtahun Alibaba ke-20, 20 September 2019.

Selain dikenal sebagai pendiri e-commerce terbesar di dunia, Jack Ma juga mendapat julukan “Guru Ma” oleh masyarakat China. Selepas dari Alibaba Ia mengaku akan tetap menjalankan peran di Alibaba Partnership dan berkontribusi dalam kegiatan filantropi melalui Alibaba Foundation.

Jack Ma mengatakan dalam suratnya tertanggal hari ini, saat Alibaba didirikan pada tahun 1999, tujuannya adalah membangun perusahaan yang bisa menjadi kebanggaan Cina dan dunia serta perusahaan yang bisa berdiri selama 102 tahun. Bersama rekan-rekannya, ia sukses membesarkan Alibaba hingga kini memiliki aset senilai 420 miliar dolar AS.

Dengan aset sebesar itu, lalu bagaimana dengan hunian Jack Ma sendiri?

Diketahui, Jack Ma memiliki hunian di kawasan The Peak, Hong Kong, salah satu kawasan elit. Hunian Jack Ma sendiri bisa dibilang bangunan klasik karena sudah dibangun sejak 1949 silam. Namun pada pertengahan tahun 2000 rumah tersebut mendapat renovasi yang dikerjakan oleh arsitek Hong Kong, Karl Shiu Ka Leung.

Rumah tersebut Ia beli dari pasangan Francis Yuen Tin Fan dan Rose Lee Wain Mun. Pasangan ini sendiri juga merupakan miliader. Francis merupakan mantan CEO Hong Kong Stock Excharge dan juga mantan deputi chairman PCCW. Rose sendiri merupakan Chief Executive Hang Seng Bank.

Jack Ma menebus rumah dari kedua pasangan tersebut dengan merogoh uang sebesar 1,5 miliar Hong Kong atau setara Rp 2,8 trilyun.

Menurut Hong Kong Economic Journal, hunian ini hanya kalah dari rumah mewah di Nice, Perancis.

Rumah mewah ini memiliki 4 kamar tidur setara hotel mewah, 3 kamar mandi, dan 7 ruang tamu. Tidak hanya itu, rumah ini juga memiliki 4 balkon besar, dan teras atap. Sedangkan desain interior, rumah ini memadukan gaya China dan Barat.

Sedangkan untuk eksteriornya, rumah ini memiliki taman yang indah, area lapang dengan rumput yang hijau, dan hutan kecil yang terdapat di belakang rumah. Victoria Harbour menjadi pemandangan yang indah bagi penghuninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *