JURU SELAMAT ITU BERNAMA KPR

Bumi Sedayu > Artikel > JURU SELAMAT ITU BERNAMA KPR

Berdasarkan data Bank Indonesia per triwulan I/2018, sebanyak 75,8% konsumen di Indonesia masih menggunakan KPR sebagai fasilitas utama dalam pembelian properti residensial. Sedangkan 14,93% konsumen memilih membeli rumah secara tunai bertahap dan sisanya 9,27% memilih skema pembayaran tunai.

“Dari sini terlihat bahwa peluang masih terbuka lebar. Kami sebagai pihak bank optimistis dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan persiapan yang sudah dilakukan,” tegas Direktur Utama BTN, Maryono.

BTN sendiri hingga April tahun ini terus mencatat adanya pertumbuhan KPR. Per April 2018, KPR BTN tumbuh 22,03% secara tahunan (year-on-year) dari Rp112,3 triliun di April 2017 menjadi Rp137,05 triliun.

Maryono pun yakin perseroan mampu mencapai target pertumbuhan KPR tahun ini dengan berbagai inovasi produk dan transformasi digital yang diluncurkan. Terlebih masyakarat Indonesia masih memilih KPR sebagai opsi utama untuk membeli hunian.

Hal ini selaras dengan tren properti akhir-akhir ini.

Pergerakan properti tiga bulan belakangan ini diperkirakan melaju secara positif meski belum seaktif yang diharapkan. Kondisi ini terjadi imbas dari masih banyaknya volume barang yang belum seimbang dengan permintaan.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto berpendapat, “Situasi seperti ini umum berlangsung pada momen-momen spesial. Akan tetapi dari pengamatan, yang justru terpengaruh dengan pola pasar adalah produk properti segmen menengah bawah.”

Ia menambahkan, “Dari sisi sales pengembang akan tidak terlalu aktif karena berdekatan dengan musim lebaran. Kemudian ada masa pergantian tahun pendidikan, di mana menyebabkan kebutuhan primer meningkat. Sehingga priority konsumen di segmen tadi ikut berubah.”

“Sayangnya porsi konsumen properti khususnya perumahan tapak yang terbesar ada di kelas menengah bawah. Tapi kami prediksi, pasca lebaran dan tahun ajaran baru, kondisi pasar akan kembali normal,” tukasnya.

 

Sumber  : rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *