MENCIPTAKAN HUNIAN DIRUANG SEMPIT. BISA NGGAK YA?

Bumi Sedayu > Artikel > MENCIPTAKAN HUNIAN DIRUANG SEMPIT. BISA NGGAK YA?

Populasi manusia cenderung meningkat, sementara lahan di Bumi ini tidak bertambah luas. Jadi wajar kalau harga tanah menanjak terus hingga mungkin tak terjangkau kantong kita lagi. Jadi, punya rumah mungil pun bisa menjadi solusi . Rumah berukuran kecil saat ini bisa jadi alternatif pilihan.

 

Hal ini bisa kita lihat di Hong Kong. Seperti dilansir Daily Mail, Li Suet-wen, ibu dua anak, menempati cubicle homes, ruangan berbentuk kubus berukuran sekitar 11 meter persegi. Di belahan dunia lain, ada rumah di Colorado yang ukurannya 11,5 meter persegi saja. Pemiliknya bernama Christopher Smith. Meskipun kecil, rumah tersebut punya dapur kecil, tempat tidur, rak buku, dan tempat penyimpanan.  Kenyamanan sebuah rumah tidak pernah ditentukan dari ukuran. Luas atau tidaknya hunian tidak menjadi faktor yang paling menentukan tingkat kenyamanan. Ukuran sebuah hunian memang bisa menjadi satu hal yang mampu memberikan rasa nyaman, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa didapatkan dari rumah-rumah berukuran kecil atau bahkan mungil. Ukuran tidak jadi masalah. Dengan ukuran dan spacenya yang terbatas, untuk dapat menampilkan “kenyamanan paripurna” memang memerlukan sebuah desain dan penataan yang tepat. Desain denah serta desain interior yang seusai dengan karakteristik bangunan akan membuat rumah mungil Anda terasa luas. Dan bukan hanya sekadar luas, Anda juga mampu menjadikan hunian Anda yang tidak besar tersebut menjadi tempat paling nyaman untuk ditinggali.

 

Ada beberapa tips dan trik bagi Anda yang ingin memiliki hunian di tanah yang sempit. Berikut penjelasannya :

  1. Bagian Luar dari Rumah Lewat Bagian Sudut

Mari melihat bagian luar dari bangunan ini yang dibangun langsung menghadap ke jalan sebelum masuk melihat bagian dalamnya. Rumah-rumah di masa kini dibangun di area yang padat dengan rumah-rumah lain di sekitarnya, sehingga sulit untuk menikmati alam sekitar, baik berupa taman atau jalur hijau. Berdasarkan kecenderungan ini, tujuan dari desain yang diimplementasikan haruslah untuk membangun rumah yang bisa mencakup area yang terbatas dengan fungsi masing-masing ruangan dalam rumah yang dibutuhkan. Salah satu caranya adalah dengan membagi bangunan menjadi tiga area besar, seperti yang tampak dalam gambar, dan menciptakan jarak serta ruang untuk membiarkan cahaya jatuh dan menampilkan pemandangan sekitar. Tinggal di tempat dengan ruangan terbatas pun tidak akan menjadi hal yang membuat frustrasi lagi.

2. Jalan Masuk ke Rumah Lewat Bagian Sudut

Penempatan teras depan dalam area kotak kecil yang ada di depan dan merupakan salah satu dari tiga kotak yang membangun rumah ini terasa sesuai. Di bagian ini, jendela kecil dibuat dan dipasangkan dengan pintu kayu agar desain rumah yang mengesankan terlihat makin menonjol. Jika Anda ingin menciptakan sedikit sisi yang berbeda pada anak tangga, Anda dapat menanam tanaman yang berjarak dan memasang pencahayaan untuk menekankan suasana yang menyegarkan dan memesona. Bagian atapnya yang menyatukan ketiga tumpukan ini merupakan penghubung antara setiap ruang sambil tetap menampilkan ruangan yang kaya akan karakter.

3. Ruang Dimana Jalan Masuk dan Ruang Tamu Bertemu

Saat Anda memasuki bagian dalam rumah, Anda akan bertemu dengan teras yang dapat memberikan Anda kesan pertama dari gaya rumah Anda. Di bagian depan teras, kabinet kayu ditempatkan untuk mendekorasi tempat menaruh sepatu dan berbagai peralatan luar ruangan sehingga lebih rapi. Jendela kecilnya pun memberikan ruang untuk memungkinkan adanya dekorasi tambahan. Jalan masuk ke dalam rumah merupakan struktur sederhana sebuah ruangan yang kemudian bertemu dengna ruang tamu, dan lantai kayunya menambah atmosfer alamiah. Pada saat yang bersamaan, langit-langitnya menunjukkan adanya karakteristik dari rumah kayu yang membiarkan struktur bangunan terekspos. Tambahan lagi, cahaya dari luar dapat memasuki rongga-rongga kecil dan mencerahkan ruangannya.

4. Mengadaptasi Strategi Untuk Memanfaatkan Ruangan Terbatas Agar Fleksibel dan Menyenangkan

Penting bagi Anda pemilik properti berukuran kecil untuk bisa memanfaatkan berbagai jarak dan ruang-ruang sudut dalam rumah Anda. Rencanakan cara untuk membuat rumah Anda tampak lebih hidup dengan desain yang fleksibel dan menyenangkan. Terutama di dalam rumah-rumah yang memiliki gaya seperti ini, Anda dapat meniru adanya pembatas untuk tempat bermain anak. Cara ini membuat ruangan dalam rumah tampak mengalir dan nyaman karena cahaya dan angin yang masuk dari lantai satu.

5. Tempat Tinggal dimana Dapur, Ruang Tamu, dan Ruang Makan Saling Bertemu

Rumah yang kita jadikan contoh ini memiliki dapur, ruang tamu dan ruang makan di lantai satu. Cara ini merupakan strategi mendasar untuk mengatur tempat tinggal menggunakan cara yang disebut struktur LDK. Dapur dan ruang makan dibedakan dan masih bisa ditambahkan ruang untuk ruangan tamu dan ruangan individu. Meski begitu, karena desainnya tidak memiliki blok untuk bagian depan permukaan pantry dapur, tercipta ruangan terbuka yang membuat Anda bisa melihat ruang tamu dan memberikan suasana terbuka pada rumah. Cahaya dari luar memandikan jarak berikutnya menuju ke ruang tamu, dan angin masuk lagi dari rongga yang ada di antara dapur dan ruang tamu. Karakteristik dari bangunan yang dibangun mengikuti bentuk sudut, pagarnya pun tidak dipasang terpisah, dan rongganya dilindungi oleh kaca semi transparan yang tetap menjaga privasi.

6. Ruang Bermain Anak yang Menarik Cahaya Masuk dari Rongga antara Atap dan Dinding

Saat Anda naik ke lantai kedua untuk mengecek ruangan tempat anak Anda, ide unik ini bisa Anda wujudkan. Strateginya adalah dengan menciptakan rongga antara dinding dengan pinggiran atap agar cahaya masuk menyinari interior rumah. Akibatnya, meskipun rumah ini tergolong kecil, lingkungan di dalamnya pun tetap nyaman dan menyenangkan. Ekspos struktur rumah pun tampak jelas dan lantai kayunya menciptakan kesan natural, dan dinding dicat dengan warna putih untuk merefleksikan cahaya yang masuk ke lantai satu.

 

Dari penjelasan diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa sesempit apapun lahan yang anda miliki, dengan ide ide yang disebut diatas, Anda dapat memiliki hunian yang nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *