MENDESAIN INTERIOR RUANG TAMU PERUMAHAN MODERN

Bumi Sedayu > Artikel > MENDESAIN INTERIOR RUANG TAMU PERUMAHAN MODERN

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ruangan adalah tempat atau bilik yang ada di dalam rumah, berada di sela-sela antara dua deret tiang, atau rongga yang berbatas atau terlingkung oleh bidang. Dalam ilmu arsitektur, ruangan adalah bagian dari sebuah rumah. Ruangan di rumah terbagi atas ruangan pribadi dan ruangan sosial, atau ruangan yang biasa digunakan bersama oleh semua penghuni rumah. Kamar tidur, kamar mandi, dan ruang kerja adalah ruangan pribadi, karena digunakan oleh satu atau dua penghuni rumah pada satu waktu. Sedangkan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan gudang termasuk ruangan sosial, karena penghuni rumah dapat menggunakan ruangan-ruangan ini secara bersamaan pada satu waktu.

Ukuran atau dimensi ruangan sangat tergantung pada luas lahan di mana rumah didirikan. Selain itu, bahan atau material yang digunakan, tingkat kerumitan, dan ongkos pekerja adalah hal-hal yang mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membangun ruangan. Sebagai gambaran, biaya membangun kamar tidur berukuran 3×3 meter dengan bahan batu bata, semen, dan lantai keramik di area Jakarta bisa mencapai Rp 4-5 juta. Kisaran harga ini juga tidak mutlak, mengingat harga material bangunan tiap tahun selalu mengalami perubahan. Di sisi lain, minimnya ketersediaan lahan membuat harga lahan semakin mahal sehingga semakin sedikit manusia modern yang mampu mendirikan rumah besar.

Seringkali rumah di Indonesia memerlukan satu ruang ekstra karena banyak keluarga yang menginginkan ruang tamu terpisah dari ruang keluarga, sementara desain di Barat mengizinkan kedua ruang tersebut berada di satu ruang atau bahkan merupakan ruang yang sama.

Namun tren yang bisa diikuti oleh hunian Indonesia adalah membuat desain ruang terbuka dengan menyatukan ruang tamu/keluarga dengan dapur dan ruang makan. Banyak ide yang anda bisa terapkan, tanpa perlu menambahkan partisi, menambah luas ruang, cukup dengan dekorasi atau solusi alternatif lainnya.

Sadarkah Anda, bahwa mendesain interior rumah tak perlu menguras bujet yang berlebihan? Ya, dana terbatas pun nampaknya takkan mengurangi nilai keindahan dan kenyamanannya.

Memang sudah semestinya, desain interior dirancang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemiliknya. Maka, wajar saja jika sebuah desain interior dikatakan berhasil dan sukses, bila sang pemilik rumah merasa nyaman beraktivitas dan tinggal di dalamnya.

Untuk mencapai tampilan ruangan yang diinginkanBumi Sedayu memaparkan tiga poin penting yang dapat Anda ikuti;

  1. Cat

Meskipun lukisan adalah investasi termurah yang dapat Anda buat, namun cat juga merupakan salah satu aspek dengan hasil yang paling dramatis. Gunakan cat untuk memberikan beberapa warna pada dinding-dinding untuk tampilan yang segar, baru dan tidak mahal.

  1. Lakukan sendiri!

Anggaran terbesar dalam mendesain interior rumah adalah, mempekerjakan orang lain untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri.

Pertimbangkan apa yang akan Anda simpan dengan mengambil beberapa proyek yang relatif sederhana: lukisan, ubin, memasang lantai baru, panel tirai jahitan atau bantal. Apapun yang Anda suka, maka cobalah lakukan sendiri!

  1. Hubungi Keluarga dan Teman

Anda mungkin tidak memiliki segepok uang tunai atau pengetahuan yang banyak mengenai desain interior. Tetapi ingat, Anda memiliki sumber daya lain yang dapat membantu Anda untuk mewujudkan keinginan akan rumah idaman.

Oleh karena itu panggilah sekelompok kerabat, teman atau tetangga, yang dapat membantu Anda untuk merobek panel dinding, mengecat atau memasang furnitur di tiap ruangan. Namun jangan lupa untuk memberi mereka kudapan dan makan siang, ya!

Setelah menerapkan tiga poin di atas, inilah sebagian cara unik dalam mendesain interior rumah dengan bujet yang minim dan pas di kantong Anda;

  • Lapisi Area dengan Kanvas

Gantung kanvas yang dicat dengan cat lateks untuk mencerahkan dinding yang kosong. Kanvas dapat mengisi dinding, dan Anda pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menghias dinding Anda.

  • Gantung Piring-piring

Piring dengan warna yang beragam dapat membuat pengaturan dinding menjadi lebih segar. Warna, ukuran, dan tekstur, sangat penting untuk dijadikan acuan dalam proses mendekorasi.

Letakkan piring dengan corak yang menonjol di tengah dinding, lampirkan kawat gantungan piring dan piring pun dapat digantung menjadi dekorasi ruang keluarga Anda!

  • Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu dari aksesoris standar yang dapat membangun kepribadian, karakter dan gaya dari sebuah ruangan. Tidak perlu menggunakan lampu gantung yang mencolok ataupun kipas di langit-langit, cukup aplikasikan tampilan lampu yang lebih unik.

Tidak perlu berbelanja di toko kelas atas, Anda cukup menjelajahi pasar loak atau toko yang ramah harga, untuk bisa mendapatkan lampu yang lebih unik dengan biaya yang hemat.

  • Kain

Kain adalah cara yang mudah dan murah, untuk menggabungkan semua elemen dari ruangan Anda. Bereksplorasilah dengan menggabungkan pola, gaya dan tekstur yang berbeda dari kain, dalam segala sisi. Mulai dari window treatment hingga aksesoris dan furnitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *