Perbedaan Batu Bata Merah Dengan Batako

Bumi Sedayu > Artikel > Perbedaan Batu Bata Merah Dengan Batako

Rumah nyaman, aman, dan kokoh sampai bertahun-tahun, inilah yang diinginkan semua pemilik rumah. Selain desain, pemilihan material bangunan adalah faktor yang berperan penting dalam terciptanya hunian idaman. Saat ini ada dua material bangunan yang sudah populer digunakan di Indonesia, yaitu batu bata dan batako. Tentu setiap bahan ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut perbedaannya yang bisa anda simak sebagai berikut :

Batu bata merah

Batu bata merah sering anda jumpai sebagai bahan bangunan rumah. Batu bata merah memiliki harga yang lebih murah ketimbang bata ringan.Bahan ini menggunakan tanah liat khusus yang dicetak kemudian dibakar dalam suhu tinggi. Cetakan untuk batu bata ini relatif kecil sehingga untuk membangun sebuah dinding saja butuh ratusan bahkan ribuan batu bata merah. Batu bata merah yang terbuat dari tanah liat yang sudah mengeras ini juga adem dan kokoh jika dipakai untuk dinding. Batu bata merah akan sangat ampuh menahan panas namun menciptakan beban yang cukup berat untuk struktur bangunan itu sendiri. Untuk memakainya sebagai bahan bangunan juga hanya dibutuhkan semen dan pasir saja.  Batu bata merah untuk kebutuhan ruangan kedap air harus menggunakan perbandingan 1 : 2 atau 1: 3 . Untuk ruangan biasa yang tak kedap air hanya perlu menggunakan perbandingan 1 : 4 untuk takaran semen dan pasirnya.

Batako

Bahan selanjutnya ialah batako yang ukurannya jauh lebih besar ketimbang batu bata merah. Dikarenakan ukurannya yang jauh lebih besar maka untuk membuat satu tuangkan saja hanya butuh beberapa puluh batako. Batako terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang mana memiliki ukuran yang sama sehingga sangat presisi. Biarpun ukurannya jauh lebih besar namun untuk kekokohannya masih lebih rendah ketimbang batu bata merah. Batako juga terasa panas jika digunakan untuk rumah di daerah tropis yang kaya akan sinar matahari. Bagi anda yang tinggal di daerah dingin tentu bahan ini sangat bagus untuk bangunan properti yang dimiliki. Batako juga tidak mudah bocor sehingga terjadi rembesan sangat tipis namun besar kemungkinannya terjadi retakan rambut pada dindingnya.

Kebetulan lagi ada promo dengan harga dibawah 300 juta rupiah lho. Buruan hubungi kontak kami di WhatsApp 0811-360-1636.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *