POLITIK INDONESIA MEMANAS, PORPERTI ADEM AYEM

Bumi Sedayu > Artikel > POLITIK INDONESIA MEMANAS, PORPERTI ADEM AYEM

Per Jumat tanggal 29/6/2018 kemarin hasil quick count Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah beredar. Walaupun belum valid, beberapa daerah di Indonesia telah mengetahui hasil hitung cepat tersebut.

 

Dengan situasi tersebut, banyak yang memprediksi bahwa tahun ini dan 2019 besok situasi masih akan memanas. Apalagi 2019 akan berlangsung pemilihan presiden.

 

Belum lama ini beredar informasi bahwa situs KPU mengalami gangguan akibat diretas. Hal ini mengakibatkan hasil quick count berubah.

 

Kami udah berkoordinasi dengan kepolisian, Kominfo sudah, dan beberapa ahli juga kita mintai pendapat,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018).

 

*

Mengacu pada aktivitas politik pada tahun ini maupun tahun 2019, dikahwatirkan dapat mempengaruhi iklim investasi dan produksi di Indonesia, tak terkecuali sektor properti.

 

Namun hal tersebut ditepis oleh Marine Novita, Country manager Rumah.com. Menurut Rumah.com Property Index, tidak ada gejolak tren harga properti menjelang Pilkada. Terutama jika berkaca pada dampak Pilkada Banten 2017 dan Pilkada DKI Jakarta 2017 yang sempat memanas.

 

Data Rumah.com Property Index ini memiliki akurasi data yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

 

“Secara nasional, tren harga properti di awal tahun mengalami penurunan sebesar 0,85% pada kuartal pertama 2018 terhadap kuartal keempat 2017. Namun penurunan ini lebih terkait dengan siklus tahunan yakni Hari Raya Idul Fitri, di mana masyarakat sedang fokus pada pengeluaran untuk menyambut hari raya. Peningkatan diharapkan terjadi pada kuartal kedua 2018,” Marine mengakhiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *