PONDASI Cakar Ayam

Bumi Sedayu > Artikel > PONDASI Cakar Ayam

Pondasi adalah komponen struktur yang terletak di bagian bawah dan berhubungan langsung dengan tanah. Pondasi berfungsi memikul semua beban tempat tinggal mulai dari beban dinding, platfond, atap, atau bangunan pada atasnya jika bangunan terdiri lebih dari 1 lantai.

Disebut pondasi cakar ayam karena bentuknya memang mirip seperti kaki hewan unggas tersebut, di mana di bagian bawah terdapat pipa-pipa beton yang menyerupai cakar alam. Fungsinya mencengkeram kuat tanah di bawahnya agar bangunan yang dibangun di atasnya benar-benar berdiri kokoh. Pondasi cakar ayam sangat cocok dipakai di segala jenis atau macam tanah, baik yang bertanah lembek maupun keras. Oleh karena itu, pondasi tersebut banyak diaplikasikan untuk mendirikan gedung bertingkat.

Pondasi cakar ayam menjadi solusi mendirikan bangunan di atas tanah yang lembek. Pasalnya, tanah lembek seperti itu menyulitkan pembangunan dengan pondasi konvensional. Lagipula, tanah lembek yang berair sangat mungkin mudah ambles dan bergerak, sehingga tidak direkomendasikan mendirikan bangunan di atasnya. Jika diaplikasikan ke tanah kering pondasi ini juga mampu mencengkeram tanah lebih kokoh, sehingga bisa digunakan untuk merenovasi rumah lebih dari satu lantai.

– Bumi Sedayu Residence – http://bit.ly/CSBumisSedayu – Fb : Bumi Sedayu Residence – IG : @bumi.sedayu.residence –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *