Pondasi Yang Cocok Untuk Rumah 2 Lantai

Bumi Sedayu > Artikel > Pondasi Yang Cocok Untuk Rumah 2 Lantai

Pada dasarnya, pondasi yang digunakan untuk rumah 2 lantai akan berbeda dengan rumah yang satu lantai. Walaupun pondasi rumah tidak terlihat, namun merupakan struktur yang sangat penting. Maka beban pondasi untuk rumah 2 lantai akan lebih berat daripada rumah 1 lantai. Lalu apa saja sih pondasi yang cocok untuk rumah 2 lantai? Berikut beberapa jenis pondasi yang cocok untuk rumah 2 lantai.

– Pondasi menerus batu kali/batu bata

Penampang yang sering dibuat untuk pondasi menerus batu kali adalah berbentuk trapesium. Untuk    pondasi rumah 2 lantai cukup dengan tinggi 60-70 cm, lebar sisi atas 20 cm, dan lebar sisi bawah 40-60 cm.

– Pondasi telapak/footplate

Pondasi menerus lebih ditujukan untuk mendukung beban dinding yang menumpu pada pondasi menerusnya saja. Kedalaman pondasi telapak/footplate berkisar antara 1-1,5 meter, dan ukuran penampang 1×1 meter s/d 1.25×1.25 meter dengan ketebalan 40 cm.

– Pondasi tiang pancang

Pondasi tiang pancang yang sering digunakan untuk pondasi rumah 2 lantai adalah berbentuk persegi dan segitiga. Ukuran yang sering digunakan paling besar pun yang digunakan adalah 25×25 cm.

– Pondasi Tiang Bor/bore pile.

Pada pondasi rumah 2 lantai, cukup menggunakan mesin bor sederhana seperti mesin diesel generator. Ukuran diameter yang disarankan pun sebaiknya <40cm. Hal ini dikarenakan keterbatasan kekuatan mesin bor-nya.

Ke empat pondasi tersebut adalah pondasi paling sering digunakan, khususnya bangunan di Indonesia. Selain pengerjaannya yang tidak rumit, pondasi ini juga mudah dibuat dan diperoleh.

Kebetulan lagi ada promo cashback sampai 14 juta rupiah lho jika membeli perumahan di Bumi Sedayu. Buruan hubungi kontak kami di WhatsApp 0811-360-1636.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *