PUNYA RUMAH DI USIA MUDA? KENAPA TIDAK

Bumi Sedayu > Artikel > PUNYA RUMAH DI USIA MUDA? KENAPA TIDAK

Masih muda namun sudah memiliki rumah? Bukankah sesuatu yang membanggakan? Apalagi sekarang ini lahan yang semakin sempit membuat harga hunian melambung tinggi. Akan sangat merugikan jika kita harus menunda-nunda sampai kita tua.

Namun jangan terburu-buru dulu khas anak muda. Hal yang penting sebelum membeli rumah adalah menabung. Apalagi biasanya kaum muda bisa dibilang boros untuk beberapa keperluan. Nah, berikut tips menghemat agar tabungan kamu cepat penuh.

Tempat tinggal

Saat kamu mulai bekerja muncul keinginan untuk hidup mandiri, salah satunya ngekost atau kontrak rumah bersama teman-teman. Itu baik. Namun menjadi mandiri ada banyak jalan.

Tahan dulu keinginan untuk ngekost atau semacamnya. Kamu bisa lho tinggal bersama orang tua. Tidak perlu keluar uang kan?

Tapi, kalau tempat kerjamu emang jauh dari rumah orang tua, ya terpaksa ngekos. Tapi, carilah tarif kost yang paling murah meskipun itu kurang nyaman.

Makan dan nongkrong

Pengeluaran besar yang tanpa kita sadari adalah makan dan nongkrong. Meskipun kamu puna gaji tinggi tetap saja akan berat. Makan itu memang keharusan bagi orang hidup, bukan? Tapi, apa yang dimakan dan di mana tempat kamu memilih tempat makan harus selektif kalau kamu punya rencana dan tujuan beli rumah selagi muda.

Kamu bisa membuat list budget misal untuk sekali makan 25.000, atau kamu bisa bawa bekal dari rumah sendiri.

Kaum muda pasti hasrat untuk nongkrong sangat menggebu-gebu. Kamu bisa menyalurkan hasrat tersebut namun harus pintar-pintar mengaturnya. Dalam sebulan bisa 1-2 kali mungkin.

Transportasi

Setiap hari kamu harus dengan kendaraan sendiri pulang pergi dari rumah ke kantor, pasti ada pikiran soal bahan bakar, apalagi mendekati akhir bulan. Kepala pusing, detak jantung meningkat, mulut komat-kamit agar segera sampai tujuan tanpa habis bensin saat membawa motor namun jarum indikator bensin di dashboard-mu berada di bawah. Apalagi di dompet sudah tidak ada uang.

Saat ini banyak pilihan transportasi: busway, kereta api, berbagai transportasi online. Kalau memanfaatkan sarana transportasi umum tersebut bisa lebih irit, kenapa kamu harus bawa kendaraan pribadi? Kalau naik kendaraan umum kurang nyaman, jadwalkan saja seminggu dua atau tiga kali. Selebihnya kamu bawa kendaraan pribadi.

Busana

Tantangan kaum muda adalah harus selalu tampil modis. Menjadi modis seringkali diasumsikan harus brand minded. Padaha itu tidak sepenuhnya benar.

Kamu bisa tampil kece dengan baju yang berkualitas oke tapi non-branded. Atau kalau kamu bebal harus branded, kamu bisa hunting barang-barang branded second. Sekarang online juga sudah banyak yang menjual lewat social media.

Olahraga

Ini yang sering diabaikan. Pernah dengar istilah “sehat itu murah, sakit itu mahal” kan. Kalau kamu masih tidak percaya istilah itu, coba tanyakan pada dokter atau rumah sakit berapa biaya berobat saat ini.

Orang muda seperti kamu biasanya ketawa kalau disarankan berolahraga..

Karena sakit itu mahal, orang berusaha sehat lewat olahraga. Masalahnya, olahraga yang bagaimana? Kalau nge-gym yang kamu pilih, boleh jadi biayanya aduhai.

Jogging bisa jadi alternatif untuk kamu berolahraga. Kenapa? Karena Jogging adalah olahraga yang murah meriah.

 

Sumber : rumah123.com

4 thoughts on “PUNYA RUMAH DI USIA MUDA? KENAPA TIDAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *