Seberapa penting lebar jalan untuk rumah kita?

Bumi Sedayu > Artikel > Seberapa penting lebar jalan untuk rumah kita?

Berapa Sih Ideal Lebar Jalan Perumahan?

Jika Anda sering bertanya-tanya kenapa jalan di Indonesia ada banyak sekali jenis, mungkin artikel berikut bisa menjelaskan soal pengelompokan jalan, khususnya di Indonesia.

Status jalan di Indonesia dikelompokkan berdasarkan tiga hal, yakni fungsi, administrasi pemerintahan, dan muatan sumbu. Ketiga kelompok tersebut dibagi lagi menjadi beberapa jenis yang lebih spesifik.

Pengelompokkan Berdasarkan Administrasi Pemerintahan

Jalan Nasional – jalan yang menjadi penghubung antar ibu kota provinsi. Status jalan nasional juga diberikan pada jalan strategis nasional dan jalan tol.

Jalan Provinsi – jalan yang menghubungan ibu kota provinsi dengan ibu kota kabupaten/kota, antar ibu kota kabupaten/kota, dan jalan strategi provinsi.

Jalan Kabupaten – jalan yang menghubungkan ibu kota kabupaten dengan ibu kota kecamatan, antar ibu kota kecamatan, ibu kota kabupaten dengan pusat kegiatan lokal, antar pusat kegiatan lokal, dan jalan strategis kabupaten. Jalan kabupaten juga merupakan jalan lokal untuk alternatif jalan nasional dan provinsi.

Jalan Kota – bagian dari jaringan jalan sekunder yang menghubungkan antar pusat pelayanan dalam kota, pusat perlayanan dengan persil (perumahan atau perkebunan), antar persil, dan antar pusat pemukiman di kota.

Jalan Desa – jalan terkecil yang menghubungkan antar kawasan atau antar pemukiman.

Lalu bagaimana dengan jalan di lingkungan perumahan?

Jika berdasarkan pengelompokan tadi, jalan perumahan termasuk ke dalam kelompok Jalan Kota. Menurut Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Republik Indoneisa Nomor 32 tahun 2006 pasal 71 poin a), disebutkan bahwa jalan “Lokal Sekunder I harus memenuhi stándar lebar jalur ideal minimum untuk jalan

satu jalur dengan dua lajur adalah 5,5 – 6,0 meter agar mampu melayani lalu lintas

dengan jumlah kendaraan relatif besar (800 – 2000 kendaraan/hari), dengan lebar

bahu antara 1,0 – 1,5 meter”.

Dan berita baiknya adalah bahwa di Perumahan Bumi Sedayu untuk lebar jalan utama mencapai lebar 7 meter. Nah, jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa papasan saat sama-sama menggunakan mobil.

Masih bingung nyari rumah dengan akses jalan lingkungan ke rumah yang bagus, segera hubungi tim kami di WhatsApp 0811-360-1636.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *