Terpopuler! 5 Ide Skema Warna Untuk Mempercantik Rumah Minimalis Kamu

Bumi Sedayu > Artikel > Terpopuler! 5 Ide Skema Warna Untuk Mempercantik Rumah Minimalis Kamu
image : eduprint

Kombinasi warna yang digunakan pada ruangan memiliki implikasi yang berbeda-beda. Selain gaya interior, pilihan warna yang tepat juga bisa melahirkan suasana nyaman dan menyenangkan pada keseluruhan ruangan. Dalam psikologi warna, pemilihan warna seringkali diakibatkan oleh preferensi pribadi. Tetapi, dalam beberapa kasus juga bisa disebabkan oleh beragam perbedaan latar belakang budaya.

Namun, proses memilah dan memilih warna bukanlah perkara enteng. Bayangkan saja di antara jutaan warna yang ada, kamu perlu menentukan beberapa pilihan warna yang dapat menghasilkan kombinasi yang harmonis.

Terlebih, skema warna yang nampak di dalam ruang tidak hanya datang dari satu atau dua elemen interior saja. Setiap elemen interior, mulai dari furniture sampai detil terkecil turut menyumbang keberagaman warna dan memberikan dampak yang berbeda pada hasil akhir skema warna.

Sesuatu yang sederhana seperti mengubah warna yang tepat atau saturasi warna dapat membangkitkan perasaan yang sama sekali berbeda. Oleh sebab itu, mengetahui pilihan warna terbaik berdasar pada teori skema warna, bisa membantu kita menemukan kombinasi warna terbaik untuk keperluan dekorasi berbagai ruangan di dalam rumah.

Berikut 5 kombinasi warna yang bisa kamu terapkan di rumah minimalismu.

1. Perpaduan manis warna biru dan merah muda

Tak perlu ragu menghadirkan skema warna bernuansa feminin di dalam ruangan. Dengan komposisi yang tepat, skema warna tidak akan tampil terlalu manis dan menganggu kenyamanan. Pemakaian warna biru dan pink dibeberapa titik malah bisa memberikan efek yang menenangkan.

Pilihlah salah satu dari dua warna ini sebagai warna utama dan mengaplikasikannya pada sebagian dinding ruangan. Jika warna pink menyapu dinding interior, pilihlah warna biru dan turunannya untuk mengisi detail dan pernik dekor. Tak lupa, gunakanlah warna-warna netral untuk menguatkan koneksi antar dua kombinasi pada skema warna ini.

2. Skema warna gelap yang atraktif dan elegan

Skema pewarnaan ini akan memberikan latar belakang/background yang jelas untuk furnitur, karya seni pada dinding, dan menjadikannya terlihat lebih rapi, dominan dan menarik secara visual. Titik fokus skema pewarnaan ini sengaja ditujukan sebagai landasan untuk lebih fokus secara visual pada isi ruangan.

3. Skema pewarnaan kontras

Kontras adalah kombinasi pewarnaan tradisional pada dinding dengan dominasi warna-warna yang kalem, lembut dan ringan. Skema pewarnaan kontras ditujukan untuk memberikan warna utama yang digunakan pada dinding terasa lebih dominan terhadap penggunaan warna pada area-area ruangan yang lain, seperti pewarnaan pada kayu, langit-langit/atap, jendela atau yang lainnya.

4. Skema warna alami yang meneduhkan

Hadirkan kesan membumi di dalam ruangan dengan mengaplikasikan skema warna berikut ini. Pada dasarnya, warna putihlah yang berperan sebagai warna utama dalam skema warna alami ini. Ketiga warna pendamping yaitu cokelat, hijau daun, dan abu-abu hadir menciptakan kontras yang halus.

5. Skema pewarnaan kontemporer

Ciri khas gaya pewarnaan kontemporer adalah penggunaan hanya satu jenis warna saja. Biasanya warna-warna pucat dan netral. Digunakan pada seluruh bagian ruangan, baik dinding, atap atau bahkan bagian-bagian kayu. Kontempoere merupakan gaya pewarnaan monokrom yang menjadikan ruangan terlihat lebih segar, dengan titik fokus lebih kepada isi ruangan dan gaya arsitektur serta gaya desain.

Mau rumah minimalis di Jogja? Klik disini.

Tags                       : bumi sedayu , rumah minimalis , desain interior , eksterior desain , interior design , desain eksterior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *