TIPS JITU MEREDAM PANAS MATAHARI PADA RUMAH

Bumi Sedayu > Artikel > TIPS JITU MEREDAM PANAS MATAHARI PADA RUMAH

Rumah yang ideal tidak melulu dengan penampilan luar maupun luasnya saja, kenyamanan penghuninya menjadi salah satu poin yang harus diperhatikan.

Berbicara tentang kenyamanan, salah satu masalah yang dihadapi adalah suhu dalam ruangan yang panas karena matahari.

Betul seperti yang disebut diatas soal penamilan eksterior maupun luas bangunan menentukan penilaian orang soal rumah kita, tapi kalau rumahnya bikin gerah ya buat apa?

Bagi sebagian orang memasang Air Conditioner (AC) terasa mudah. Mudah disini mudah membeli, ya. Namun, sebenarnya ad acara praktis yang bisa kita terapkan untuk meredam panas matahari pada rumah tanpa AC.

  1. Biarkan pintu terbuka

Posisikan pintu rumah anda selalu terbuka sesering mungkin. Hal ini untuk menjaga sirkulasi udara agar lancar.  Dengan cara ini, selain anda akan selalu mendapatkan udara segar, ruangan anda pun akan selalu sejuk dan dingin. Bahkan pada malam hari, suhu udara dapat berbalik turun dengan otomatis dibandingkan dengan suhu di siang hari yang cenderung lebih panas. Gunakan kesempatan ini juga untuk membiarkan udara segar masuk ke ruangan sebelum anda tidur, agar suhu ideal ruangan dapat tetap terjaga.

  1. Pergunakan Tirai Berwarna Gelap atau Kaca Film

Tirai berwarna gelap atau kaca film akan sangat membantu menghalangi masuknya sinar matahari secara langsung. Atau dengan kata lain tirai atau kaca film adalah sebagai media untuk mengisolasi ruangan terhadap pantulan dari luar. Selain itu dengan memakai tirai ruangan anda akan mencegah ruangan anda menjadi rumah kaca berukuran mini.

  1. Fungsikan Kipas Angin Seperti AC

Anda dapat menggunakan es batu yang ditempatkan didalam mangkuk untuk diposisikan di depan kipas angin di ruangan anda. Udara dingin yang keluar dari es batu tersebut akan menyebar ke seluruh ruangan, dan tentu saja efeknya akan mendinginkan ruangan seperti memakai AC.

  1. Perencanaan Plafon Yang Tinggi

Mempunyai plafon yang tinggi akan membuat aliran udara didalam ruang dapat mengalir lebih leluasa, sehingga pastinya temperatur didalam ruangan akan menjadi lebih sejuk. Plafon yang rendah pastinya akan membuat terasa lebih pengap.

Baca juga   : Spesifikasi Perumahan Bumi Sedayu

  1. Pergunakan Cat Warna Cerah Pada Rumah

Sebaiknya hindari penggunaan warna-warna gelap pada cat dinding ruangan-ruangan di rumah anda. Warna gelap hanya akan membuat panas menyerap lebih cepat pada ruangan dibandingkan dengan warna terang, karena sifatnya yang akan memantulkan panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *