Tips Membeli Rumah

Bumi Sedayu > Artikel > Tips Membeli Rumah
perumahanbumisedayu, perumahansedayu, perumahanbantul, perumahanyogyakarta, perumahandisedayu, perumahandibantul, perumahandiyogyakarta, tipsmembelirumah

Selamat hari Senin semuanya, kali ini redaksi Bumi Sedayu akan memberikan informasi penting bagi anda yang mau membeli rumah karena diluaran sana masih banyak sekali penipuan berkedok developer rumah. Simak beberapa tips ciamik dari berbagai sumber informasi yang sudah kami rangkum.

Perlu dicatat, ini dia 5 tips ampuh membeli rumah baru agar terhindar dari tipu-tipu :

  • Lokasi

Lokasi adalah hal terpenting dalam membeli rumah karena akan berhubungan juga dengan nilai investasi rumah yang anda peroleh. Pertimbangan pertama lokasi adalah akses jalan, usahakan membeli rumah yang memiliki akses jalan terbaik namun sesuai kantong juga. Jika anda memiliki budget diatas 1 miliar carilah yang berada di pinggir jalan besar/pusat keramaian, namun jika budget anda tipis saran kami pilihlah rumah yang memiliki akses jalan (karena banyak diluaran sana rumah harga murah tapi gak punya akses jalan). Selain lokasi pertimbangkan juga lingkungannya, apakah lingkungan tersebut aman dari bencana alam, huru-hara, dan dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti sekolahan, puskesmas/rumah sakit, toko/pasar.

  • Track Record Pengembang

Walaupun no 2 namun hal ini juga harus anda perhatikan, karena harga rumah tidak seperti harga kacang. Takutnya ketika anda sudah menginvestasikan uang ratusan juta ternyata dapat perusahaan yang tidak amanah dan membawa lari uangnya, bisa kacau kalau seperti itu. Tips dari kami, coba tanyakan dulu apakah pengembang sudah pernah punya proyek di tempat lain dan bagaimana hasil proyeknya. Jika malu bertanya silahkan tanya ke mbah Google, ketika pengembang memang bagus harusnya minimal memiliki website untuk informasi perumahan yang dikembangkan.

  • Cek Perizinan

Perizinan rumah bisa dicek melalui banyak hal, dan yang terpenting cek bahwa Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) atau Sertifikat Hak Milik (SHM) rumah yang anda beli sudah jadi sehingga nanti segera bisa lanjut ke proses Akad Jual Beli (AJB) rumah. Ini akan menghindari terlalu lamanya proses transaksi yang berujung ketidakpastian. So, be smart yak.

  • Spesifikasi Rumah

Ada rumah dengan harga murah di lokasi bagus? Hmmmm, anda harus cek dulu spesifikasi rumahnya. Karena bisa jadi spesifikasinya dibawah rumah bersubsidi, bisa repot jika tiap tahun akhirnya perlu budget tinggi untuk perawatan rumahnya. Niatnya mau hemat, malah jadi boncor deh. Spesifikasi rumah bisa dicek dari brosur yang diberikan marketing perumahan, bandingkan saja spesifikasi tersebut dengan rumah yang memiliki harga tinggi apakah seimbang atau malah ada gap yang sangat tinggi. Kalau bingung jangan takut bertanya yak.

  • Fasilitas

Fasilitas rumah memiliki nilai/harga yang dibebankan kepada konsumen, jadi jangan heran ketika mendapati rumah dengan fasilitas lengkap harganya lebih malah dari rumah tanpa fasilitas. Saran kami, sesuaikan kebutuhan dan budget anda saja karena kalau ngomongin fasilitas harga rumah dengan tipe yang sama bisa jadi selisihnya jauh berbeda.

Jika anda ingin memiliki rumah di dekat Jalan Wates km 10 silahkan hubungi kontak kami, karena kami memiliki rumah dengan lokasi strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas menarik untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *